pakan ikan gurame

Pakan Ikan Gurame Supaya Cepat Besar

Pakan Ikan Gurame – Berbicara ikan gurame memang tak ada habisnya, sebab, salah satu jenis ikan air tawar dengan nama latin Osphronemus Gouramy ini sangat mudah ditemui dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Maka tak heran, jika banyak masyarakat yang menjual dan mengkonsumsi ikan jenis ini. Apalagi sebagai bahan pangan, daging ikan gurame mengandung gizi yang baik, rasa dagingnya pun lezar dan gurih.

Selain itu keberadaan ikan gurame juga sangat mudah didapatkan, baik dipelihara dengan teknik budidaya melalui kolam air tawar, ikan gurame juga bisa didapatkan di sungai, dan rawa telaga.

Berbicara tentang budidaya gurame ada beberapa faktor yang penting untuk diperhatikan, selain jenis ikan gurame yang digunakan, dalam hal ini adalah benih ikan gurame yang berkualitas.

Di antaranya faktor faktor penting agar budidaya gurame supaya cepat besar adalah manajemen pakan, baik jumlah yang diberikan maupun jenis pakan yang diberikan.

Manajemen Pakan Budidaya Gurame

pakan ikan gurame
Ilustrasi kumpulan pakan ikan gurame dari organik (alami) sampai fermentasi supaya cepat besar

Dalam manajemen pakan ini, nantinya kita akan membedakan pakan ikan yang akan digunakan untuk berbagai ukuran ikan gurame itu sendiri. Misalnya ukuran ikan gurame kecil dengan ukuran ikan gurame besar tentu takaran pakannya akan berbeda.

Contohnya lagi, kita bisa menggunakan pakan larva ikan gurame untuk ikan gurame kecil. Dan kita bisa hanya berikan dedaunan untuk ikan gurame besar. Atau bahkan kita bisa menggunakan pelet.

Apalagi seperti kita ketahui ada banyak jenis merk pelet ikan gurame yang bisa kita dapatkan di toko toko perikanan di setiap daerah.

Baca Juga: Pembenihan Ikan Gurame, Ini Cara dan Kolamnya

Selanjutnya kita juga akan membahas jenis pakan yang digunakan, apakah pakan ikan organik atau pakan ikan fermentasi. Ini juga kita harus melihat pola makan ikan gurame itu sendiri.

Dalam manajemen pakan gurame ini ada beberapa hal yang bisa kita pelajari, di antaranya adalah:

  1. Selama pemeliharaan, untuk setiap induk dengan berat antara 2-3 kg diberi makanan secara intensif dengan kadar protein tinggi (30-35%), dengan dosis 1,5% bobot badan per hari.
  2. Dapat ditambah pakan alami berupa daun talas sebanyak 0,5% bobot badan per hari.
  3. Pemberian pakan minimum dilakukan 2 kali sehari.

Pemberian pakan tersebut tak mempengaruhi di mana kita akan melakukan budidaya gurame tersebut, baik di kolam terpal, maupun di kolam tembok, ataupun di kolam tanah.

Kalau di kolam tanah, kolam sawah, sungai, gurame akan mendapatkan pakan alternatif alami, seperti dedaunan sungai liar, lumut, dan plangkton sejenisnya.

Cara Pemberian Pakan Ikan Gurame Setelah Penetasan

pakan ikan gurame
Ilustrasi kumpulan pakan ikan gurame dari organik (alami) sampai fermentasi supaya cepat besar

Pemberian pakan pada periode budidaya guram pasca penetasan dapat dimulai setelah larva dipindahkan. Pakan berupa cacing rambut (Tubifex sp.), Daphnia sp., Moina sp., atau pakan alami lainnya yang ukurannya sesuai.

Pakan awal atau pakan ikan gurame kecil yang diberikan pertama kali adalah berupa cacing rambut, Daphnia sp., Moina sp., atau sumber protein hewani lainnya.

Bahkan pakan ikan gurame organik terbaik saat masih berupa benih ikan atau ikan gurame kecil selain yang sudah disebutkan di atas adalah Zooplankton. Sumber pakan hewani pada ikan gurame.

Selain itu juga bisa memberikan jenis pakan nabati atau disebut dengan fitoplankton. Dan pakan pakan alami tersebut memiliki keuntungan yang sangat besar sebagai pakan ikan, yakni tidak mudah rusak.

Kandungan pakan alami ini juga mengandung gizi yang cukup baik untuk pertumbuhan larva. Selanjutnya jenis pakan yang bisa diberikan adalah cacing sutera. Budidaya cacing sutra juga mudah.

Cacing sutra yang mudah dibudidayakan dan didapatkan ini menjadi pakan yang paling ideal diberikan. Terlebih cacing sutra dapat memacu pertumbuhan agar ikan gurame cepat besar.

Hal ini dikarenakan cacing sutra sebagai pakan mengandung protein tinggi sekitar 57%. Cara pemberian pakan pada ikan gurame dilakukan secukupnya, yakni 10.000 ekor per di hari pertama 1 kaleng dan diberi pakan lagi diperkirakan cacing habis.

Selanjutnya pemberian pakan cacing sutra atau tubifek ini jumlahnya meningkat terus seiring dengan bertambahnya berat badan ikan larva.

Makanan Ikan Gurame Yang Mudah Ditemui

pakan ikan gurame
Ilustrasi kumpulan pakan ikan gurame dari organik (alami) sampai fermentasi supaya cepat besar

Ada beberapa jenis pakan yang sebenarnya mudah ditemui, seperti saya misalnya, dalam budidaya gurame saya lebih menggunakan dan mengandalkan daun daunan.

Misalnya saja kita sudah sebut dengan daun talas. Jika daun talas sudah mulai langka, karena stok yang terbatas, kita bisa menggantunya dengan dedaunan lainnya.

Misalnya saja dengan daun singkong, caising, potongan daun kangkung, daun lamtoro, daun pepaya, daun pisang, selada air, genjer dan dedaunan lainnya yang tidak mengandung racun dan membahayakan gurame.

Namun untuk daun singkong dan talas sebaiknya harus dilayukan, atau pastikan tidak mengandung getah. Karena getah daun tersebut dapat mengganggu kesehatan ikan gurame.

Selain dedaunan, ada juga penggunaan pakan fermentasi seperti pellet. Merk pelet ikan gurame di antaranya yang bisa kita temui adalah:

  1. Hi Provit 781-1 Harga per kg Rp13 ribu.
  2. Magot kering Rp100 ribu.
  3. Multivitamin Rp250 ribu 200 mili.

Dan masih ada banyak jenis pakan lainnya yang dapat diberikan ke ikan gurame.

Baca Juga: Cara Pemijahan Ikan Gurame Yang Mudah Dilakukan

Itulah beberapa hal yang bisa kita ketahui tentang jenis jenis pakan ikan gurame. Semoga saja informasi ini bermanfaat. Sampai bertemu di artikel lainnya. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *