Makanan Kura Kura

Makanan Kura Kura: Ambon, Indonesia, Brazil Anakan

Ayobudidaya.comMakanan Kura Kura beragam jenisnya. Baik sebagai hewan peliharaan, penangkaran, maupun yang ada di alam. Namun tak perlu pusing memikirkan pakan apa yang pas untuk reptil yang satu ini.

Sebab, jenis makanannya tersedia melimpah dan mudah untuk didapatkan. Dari jenis makanan kura kura ambon, makanan kura kura Indonesia, sampai makanan kura kura daun ada melimpah di Indonesia.

Bahkan jika kita memelihara budidaya kura kura seperti kura kura Brazil. Ada semua. Baik dari makanan kura kura Brazil anakan maupun kura kura induk dewasa.

Untuk itu bisa juga dicoba cari informasi tambahannya, dari ciri kura kura air, sampai bagaimana cara membedakan kura kura darat dan air tersebut.

Jadi, berikut ini ada banyak jenis pakan yang bisa digunakan atau diberikan kepada kura kura, baik kura kura budidaya, maupun yang didapatkan di alam, dan penangkaran.

Jenis jenisnya, di antaranya sangat mudah di dapatkan di Indonesia. Dan sebagian besar melakukan budidayanya. Karena faktor pakan adalah faktor terbesar dalam budidaya, sehingga patut dipikirkan biaya pemberian makanannya tersebut.

4 Makanan Kura Kura Indonesia (Peliharaan)

Makanan Kura Kura
Ilustrasi Makanan Kura Kura

Pada umumnya ada 4 jenis makanan kura kura Indonesia dan umumnya sebagai kura kura peliharaan. Satu hal yang bisa kita pahami adalah untuk memberikan makan untuk kura kura jenis apapun itu tidak rumit.

Sebab, semua jenis makanan boleh diberikan, asal tidak mencelakakan dari sisi kesehatannya. Sebab, memang kura kura adalah jenis hewan golongan Omnivora, atau disebut juga hewan yang dapat mengkonsumsi tumbuhan dan hewan.

Kendati diperbolehkan makan apa saja, sebaiknya jika jenis kura kura peliharaan yang memang pemberian makanannya tergantung dari si penangkar atau si pemilik, sebaiknya diberikan makanan yang baik.

Dan berikut ini jenis makanan yang baik untuk diberikan kepada kura kura peliharaan, termasuk kura kura yang ada di Indonesia. Di antaranya:

1. Aneka Jenis Sayuran

Siapa yang tak mengetahui khasiat dan manfaat mengkonsumsi sayur. Tak hanya menjadi kebutuhan dan baik untuk dikonsumsi manusia. Sayur sayuran juga dibutuhkan untuk binatang. Termasuk binatang peliharaan seperti kura kura.

Sayuran merupakan jenis makanan yang sangat baik untuk diberikan kepada kura kura. Semua jenis sayuran yang memang memiliki banyak kandungan zat gizi. Hal ini diharapkan pertumbuhan kura kura juga dapat berlangsung baik.

Jenis sayuran yang bisa diberikan kepada kura kura misalnya saja, seperti wortel, selada, kubis, kol dan lainnya. Wow? Itukan sayuran yang dibutuhkan manusia?

Tentu, tapi bisa diakali dengan menggunakan sisa sisa hasil makanan yang kita masak sehari hari, jika memang pemberian secara utuh dirasa sangat berat dan bersaing dengan kehidupan sehari hari.

Atau sisihkan beberapa di antaranya yang memang khusus untuk diberikan kepada kura kura. Yang penting pakan yang diberikan tersebut dalam keadaan bersih. Jadi cuci dulu hingga bersih agar dapat dicerna pencernaannya.

Sebab, kura kura meski pemakan apa saja, tetapi ia hewan yang mudah mencret, pencernaanya mudah terganggu, jika makanan yang diberikan tidak bersih.

2. Aneka Jenis Buah-Buahan

Kedua kura kura di Indonesia bisa diberikan pakan seperti buah buahan. Jadi, selain sayuran, kura kura juga sangat menyukai buah buahan. Apalagi buah segar yang diberikan.

Jadi, buah buahan ini bisa menjadi alternatif makanan yang diberikan. Sebab, memang disarankan untuk pemberian pakan kepada kura kura tidak melulu sayuran, tetapi juga bisa diselingi dengan buah buahan.

Jenis buah apapun yang tak membahayakan bisa menjadi konsumsi kura kura, contohnya yang mudah ditemui adalah Pepaya, Apel, Mangga, Jambu, dan jenis buah lain yang rasanya manis dan dagingnya lunak.

Kenapa buah harus lunak? Untuk memudahkan kura kura mengkonsumsi buah yang diberikan, sehingga dapat dicerna dengan baik.

3. Pakan Pelet

Penangkar kura kura atau pemilik kura kura peliharaan bisa juga memberikan pakan pelet. Sama seperti pakan ikan nila, gurame, lele, dan lainnya, penggunaan pelet sangat memudahkan dalam pemberian pakan ternak peliharaan.

Namun pakan pelet untuk kura kura ini diberikan sebagai pakan tambahan setelah pakan alami diberikan. Sehingga, ada variasi makanan yang bisa di makan kura kura di Indonesia sebagai kura kura peliharaan.

Pelet juga yang dicari yang memiliki kandungan gizi yang baik, sebab, makanan pelet ini adalah suplemen penambah gizi, dan ada beberapa jenis macam zat gizi yang bisa dimanfaatkan untuk pertumbuhan kura kura.

Untuk pelet kura kura ini bisa didapatkan di pet shop. Karena ada banyak ragam pakan hewan peliharaan. Cek juga sebelum membayar untuk membeli. Lihat formula pelet tersebut, dan pilihlah yang memiliki kandungan protein tinggi.

4. Jenis Makanan Daging hewan

Daging juga menjadi pilihan makanan yang bisa diberikan untuk aneka jenis kura kura di Indonesia, baik sebagai kura kura peliharaan, penangkaran, maupun yang ada di alam bebas, laut dan darat.

Kura kura yang diberikan untuk daging ini, bisa berupa ikan, udang, cacing, dan jenis daging lainnya yang memiliki harga ekonomis namun tidak membahayakan kura kura, dan memiliki manfaat sebagai pelengkap gizi seimbang kura kura.

Contoh hewan hewan kecil yang bisa dimanfaatkan dagingnya, ikan ikan yang tak memiliki nilai jual, namun bisa menjadi pakan untuk kura kura. Bisa juga diberikan daging keong atau siput, namun pemberiannya harus dipotong kecil kecil.

Udang, cacing dan daging ikan juga bisa menjadi pilihan terbaik sebagai pakan kura kura. Untuk cacing bisa berikan cacing tanah, baik hasil budidaya cacing tanah maupun yang dari alam.

Namun pastikan kebersihan makanan yang hendak diberikan, dan pastikan makanan daging yang akan diberikan adalah daging lunak yang bisa dimakan kura kura.

Makanan Kura Kura Ambon

Jenis kura kura di Indonesia ada banyak sekali. Salah satunya jenis kura kura Ambon atau nama latinya adalah Cuora Amboinensis.

Selain disebut sebagai kura kura Ambon ini ada beberapa jenis nama kura kura sebagai penyebutannya, seperti kura kura batok, kura kura kotak, kura kura katup dan kura kura dada.

Nah, yang populer memang disebut sebagai kura kura Ambon. Tapi kura kura ini bukan kura kura endemik yang hanya dapat ditemukan di Maluku Ambon saja.

Tetapi juga bisa dijumpai di berbagai wilayah, seperti Sumatera, Sulawesi, dan bahkan negara lain seperti India Timur, Bangladesh, Malaysia, Sri Lanka, Filipina dan Brunei Darusalam.

Dalam bahasa asing, jenis kura kura ini disebut juga sebagai Amboina Box Turtle atau Southeast Asian Box Turtle. Sementara untuk merawat kura kura Ambon ini juga sangat sederhana, terutama dalam pemberian makanannya.

Sama hal seperti jenis kura kura lokal Indonesia lainnya yang dijadikan hewan peliharaan. Makanan yang bisa diberikan di antaranya adalah:

  • Jangkrik
  • Udang
  • Sayuran
  • Ikan Kecil
  • Pelet
  • dan jenis pakan kura kura lainnya.

Makanan Kura Kura Daun

Kura kura daun adalah jenis kura kura. Bukan makanan daun untuk kura kura. Kalau daun bisa diambil dari sayur sayuran atau dedaunan yang lembut dan tidak membahayakan kura kura.

Banyak penghobi kura kura jenis ini, contohnya kura kura Brasil. Nah kita harus perhaitkan makanan baik yang dewasa maupun untuk anakan kura kura brazil.

Terutama dalam jumlah makanan yang dikonsumsi oleh kura kura daun tersebut. Sebab, pola makan kura kura daun ini tidak terlalu banyak. Yang penting tercukupi nutrisi dan makanan yang diberikan bervariasi.

Kenapa bervariasi, bukannya jenis kura kura ini sama merupakan binatan Omnivora. Ya hal ini adalah cara untuk menghindari kebosanan pada kura kura. Di antaranya makanan yang bisa diberikan adalah sebagai berikut:

  1. Pelet (penjelasannya sama seperti di atas).
  2. Daging (penjelasannya sama seperti di atas).
  3. Telur. Telur diberikan untuk bergantian dengan jenis pakan lainnya, bisa diberikan telur rebus, terutama bagian putih telur yang mengandung banyak protein. Berikan 1-3 telur rebus ketika sekali makan. Jangan berlebihan.
  4. Udang (Udang mengandung karoten dan warna yang cerah adalah makanan kesukaan kura kura, di laut alam bebas, udang juga menjadi makanan kesukaan kura kura).
  5. Buah (penjelasannya sama seperti di atas).
  6. Sayur (penjelasannya sama seperti di atas).
  7. Ikan Kecil ini bisa menggunakan ikan laut maupun ikan sungai, dan ikan budidaya, contohnya saja ikan mas. Hindari memelihara kura kura dengan ikan berpatil seperti ikan lele dan ikan patin. Karena membahayakan kura kura.

Makanan Kura Kura Brazil Anakan

Kura kura Brazil baik dewasa maupun anakan juga sama sama mudah untuk dipelihara? Dari sisi makanan, tak terlu rumit. sama seperti makanan kura kura Indonesia lainnya.

Ada beberapa hal yang bisa kita coba pahami, di antara jenis pakan yang sudah dijelaskan di atas, di antaranya dijabarkan ke hal hal yang lebih rinci untuk bisa diberikan ke kura kura.

Untuk jenis pakan bisa didapatkan dari pakan alami, pakan buatan, hingga hasil pakan yang didapatkan dari hasil budidaya. Sehingga yang patut dipertimbangkan juga adalah biaya budidaya ternak kura kura itu sendiri.

Namun untuk kura kura brazil ada cara memberikan makanan yang bisa diberikan oleh peternak, di antaranya misalnya, seperti:

  1. Saat memberikan makan udang, udang dikupas lebih dahulu dan dipotong kecil-kecil. Jangan berikan udang langsung untuk dimakan kura kura. Jadi harus dikupas terlebih dahulu lapisan kulitnya, lalu potong dagingnya ukuran kecil.
  2. Memberikan kura kura makanan pelet sedikit demi sedikit. Hal ini memastikan si kura kura mau makan. Jika kura kura masih terlihat lapar, berikan lagi, sedikit demi sedikit. Jangan beri makan pelet sekaligus.
  3. Kura kura boleh diberi jentik nyamuk. Jadi, kura kura Brazil ini juga makan jentik nyamuk. Bahkan sangat lahap.
  4. Kura kura diberi cacing beku. Ini juga bisa dilakukan. Misalnya cacing darah atau cacing lainnya. Bahkan bisa menggunakan cacing budidaya. Seperti budidaya cacing merah. Atau cacing yang dibekukan dengan tujuan agar tahan lama.

Baca Juga: Cara Menetaskan Telur Kura-Kura Tanpa Indukan

Jadi itulah tentang apa saja jenis pakan yang bisa kita berikan kepada kura kura, baik kura kura di Indonesia, seperti kura kura Ambon maupun kura kura luar yakni Kura Kura Brazil.

Jenis jenis makanan yang dijelaskan di atas bisa diberikan untuk kura kura air dan kura kura darat. Tinggal yang mana yang bisa diberikan.

Namun perhatikan variasi makanannya. Karena di habitat alam kura kura ia dengan mudah mendapatkan variasi makanan yang ia hendaki untuk di makan.

Sehingga dengan banyaknya pilihan juga akan memperkaya sumber gizi yang ia dapatkan. Sehingga, semakin mempercepat pertumbuhan kura kura itu sendiri.

Namun memang faktor makanan ini sangat besar. Sama seperti budidaya ternak lainnya, yang faktor makanan juga mempengaruhi pertumbuhan ternak.

Kendati demikian, hal hal lain juga patut diperhitungkan. Untuk itu, kalkulasi nutrisi yang dibutuhkan juga selaras dengan periode pertumbuhannya.

Selain itu, dari sisi kesehatan juga harus diperhitungkan, jadi bisa meminimalisir dampak yang tidak diinginkan terjadi pada budidaya kura kura.

Jadi ada banyak hal yang bisa kita pelajari selanjutnya terkait kura kura ini. Itulah yang bisa disampaikan. Semoga saja informasi ini dapat bermanfaat. Sekian, terimakasih, Salam.

Ayo Budidaya Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *