klasifikasi dan morfologi lele sangkuriang

Klasifikasi dan Morfologi Lele Sangkuriang

Klasfikasi dan Morfologi Lele Sangkuriang – Ikan lele merupakan salah satu hasil perikanan budidaya yang menempati urutas teratas dalam jumlah produksi yang dihasilkan. Selama ini ikan lele menyumbang lebih dari 10 persen produksi perikanan budidaya nasional dengan tingkat pertumbuhan mencapai 17 hingga 18 persen.

Maka tak heran, ada beberapa perkiraan analisa budidaya 1.000 ekor ternak lele dan untung besar. Ini analisa dan dengan beberapa kemungkinan ada yang menghasilkan keuntungan besar. Namun, jika ada yang menyampaikan tidak mungkin dengan analisa itu adalah hak siapapun. Kendati demikian dalam budidaya ikan lele juga ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Dalam budidaya, untung rugi ternak lele juga menjadi perhitungan para peternak. Untuk itu ada beberapa pertimbangan kenapa melakukan budidaya ikan lele di kolam terpal, beton, bahkan budidaya ikan lele di kolam tanah. Namun setidaknya beberapa hal tersebut kita sama-sama pelajari.

Selain itu jenis-jenis lele pun berbeda-beda. Ada lele dumbo, lele sangkuriang dan jenis lele lainnya. Untuk itu, kali ini kita akan mempelajari secara mendalam tentang klasifikasi dan morfologi lele sangkuriang. Berikut penjelasannya.

Apa yang dimaksud dengan Lele Sangkuriang?

Lele sangkuriang merupakan spesies kerabat lele dumbo. Keunggulannya dibandingkan lele dumbo adalah fekunditas telur yang lebih banyak. Keunggulan penting lainnya adalah nilai konversi pakan atau FCR lele sangkuriang yang berada pada kisaran 0,8 – 1 sedangkan untuk lele dumbo nilai konversi pakannya lebih dari 1.

Ciri-Ciri Lele Sangkuriang

Ciri-ciri dari lele jenis ini adalah reaksi cepat dibandingkan lele lainnya dalam mengenali mangsanya, lele ini pun lebih aktif hilir mudik di suatu kolam, kemudian beristirahat di dasar perairran. Lebih banyak beraktifitas untuk makan pada siang hari dibandingkan dengan malam hari.

Klasifikasi Lele Sangkuriang

Klasifikasi ikan lele sangkuriang atau dengan nama latin Clarias gariepinus var menugur Kordi (2010) adalah sebagai berikut :

Phylum : Chordata

Kelas : Pisces

Subkelas : Teleostei

Ordo : Ostariophysi

Subordo : Siluroidae

Famili : Claridae

Genus : Clarias

Spesies : Clarias gariepinus var

Morfologi Lele Sangkuriang

Sebagaimana halnya ikan lele, Lele Sangkuriang memiliki ciri-ciri idedintik dengan lele Dumbo, sehingga sulit dibedakan. Namun, secara umum, lele ini dikenal sebagai lele berkumis atau catfish. Tubuh lele sangkuriang berlendir dan tidak bersisisk serta tidak memiliki mulut yang relatif lebar yakni 1/4 dari panjang total tubuhnya.

Ciri khas Lele Sangkuriang adalah adanya empat pasang sungut yang terletak di sekitar mulutnya. Keempat pasang sungut tersebut terdiri dair dua pasang sungut maxiral/rahang atas dan dua pasang sungut mandibula/rahang bawah. Fungsi sungut bawah adalah sebagai alat peraba ketika berenang sebagai sendor ketika mencari makan.

Sirip lele jenis ini terdiri dari lima bagian yaitu sirip dada, sirip perut, sirip dubur, sirip ekor, dan sirip punggung. Siri dada dilengkapi dengan patil (sirip yang ke atas) yang berfungsi untuk alat pertahanan diri. Dan lele ini mempunyai bentuk badan yang berbeda dengan jenis ikan lainnya seperti ikan mas, ikan bawal, ikan gurame, ikan nila dan ikan lainnya.

Alat pernapasan ikan ini pun berupa insang yang berukuran kecil, sehingga jenis ikan lele ini sering mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan oksigen. Dan bila mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan oksigen, akibatnya lele ini sering mengambil oksigen dengan muncul ke permukaan.

Alat pernapasan tambahan terletak di rongga insang bagian atas, alat berwarna kemerahan penuh kapiler darah dan mempunyai tujuk pohon rimbun yang biasa disebut “arborescent organ”. Selain itu untuk memudahkan berenang, lele ini dilengkapi sirip tunggal dan sirip berpasangan.

Nah itulah bagian kecilnya yang bisa ayobudidaya.com bagikan tentang klasifikasi dan morfologi lele sangkuriang. Semoga bermanfaat.

Baca :

Lengkap! Ini Cara Mudah Budidaya Bibit Lele

Cara Beternak Ikan Lele di Kolam Terpal

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *