Ikan Cupang Kawin

Fase Ikan Cupang Kawin dan Telur Ikan Menetas

Ikan Cupang Kawin – Budidaya ikan cupang tentu kita berharap kalau ikan cupang kawin dan dapat menetaskan telur nya. Berikut ini penjelaskan lengkap dari beberapa kalangan tentang fase ikan cupang kawin dan telur ikan cupa menetas membutuhkan waktu berapa lama?

Kira-kira berapa lama waktu yang dibutuhkan ikan cupang untuk kawin dan bahkan untuk kembali kawin setelah menetaskan telurnya. Lalu, berapa lama telur ikan cupang akan menetas dan kembali menjadi ikan cupang. Informasi ini penting untuk kita pelajari. Sebab, ikan cupang memang kini menjadi budidaya menarik yang banyak dilakukan masyarakat di Indonesia.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Cupang, Mudah dan Murah

Lama Waktu Ikan Cupang Kawin

Nah, ini dia informasi tentang budidaya ikan cupang, khususnya waktu yang dibutuhkan untuk ikan cupang kawin :

Biasanya si ikan jantan sebelum kawin, tapi sudah siap kawin, dia akan slalu membuat buih, walau tanpa dicampur sama betinanya. Di sini biasanya ada yang menyandingkan antara jantan dengan betina di tempat terpisah dan tempat jantan lebih besar (baskom plastik untuk diameter +/- 40 -70 cm. Lalu, betina cukup ditoples kaca kurang lebih 2 -3 harian). Setelah itu baru dicampur, biasanya proses perkawinan akan cepat selang 2 harian pisahkan cepat-cepat si betina, atau jika si jantan sudah mulai mengejar/menghajar betina. Pisahkan jantan jika burayak terlihat lincah untuk dikawinkan lagi.

Proses perkawinan sampai menjadi burayak (anak cupang) masih gampang, yang sulit proses membesarkan burayaknya, karena burayak atau anak cupang masih sangat lemah, tempat tinggalnya harus dijaga/harus bersih. Perhatian untuk jangan memberi pakan berlebihan pada burayak.

Baca : Cara Membedakan Ikan Cupang Jantang dan Betina

Kapan Telur Ikan Cupang Menetas

Telur ikan cupang biasanya menetas pada 2-3 hari, ketika ikan cupang sudah menetas, jangan dulu diberi pakan. Biarkan kuning telur yang menempel pada perutnya habis selama 3 hari. Baru diberi pakan berupa kuning telur ayam mentah 5-7 hari setelahnya.

Kalau telur cupang belum menetas, itu tandanya telur terserang virus atau bibit penyakit, serta mengalami pembusukan. Biasanya kualitas air selama pemeliharaan kurang dikontrol, makanya harus sifon air jika keruh, serta parameter-parameter air yang buruk seperti pH tinggi, suhu, oksigen, dan lainnya merupakan kesalahan dalam pemelihataan karena kurang diperhatikan.

Nah itu dia tentang lamanya waktu yang dibutuhkan untuk ikan cupang kawin dan waktu yang dibutuhkan untuk telur ikan cupang bisa menetas. Semoga bermanfaat. (Ayobudidaya.com)

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *