Biaya Ternak Lele Kolam Terpal

Estimasi Rincian Biaya Ternak Lele Kolam Terpal

Biaya Ternak Lele Kolam Terpal – Di dalam budidaya ikan lele, ada banyak jenis media yang bisa digunakan, dari ternak lele kolam terpal, ternak lele kolam beton atau semen, ternak lele kolam tanah, dan jenis kolam lainnya. Apakah masing-masing media kolam ikan tersebut akan memiliki estimasi biaya yang berbeda.

Jawabannya tentu saja akan berbeda rincian biaya ternak lele. Hal ini juga disesuaikan dengan kebutuhan dari peternak itu sendiri. Bahkan, tak sedikit juga yang menyesuaikan, khususnya bagi ternak lele kolam terpal pemula. Pastinya disesuaikan dengan kebutuhan di awal.

Dan kali ini Ayobudidaya.com akan membahas tentang biaya ternak lele kolam terpal. Namun biaya ini adalah estimasi rincian. Tentunya harga sebenarnya dikembalikan lagi kepada daerah-daerah masing-masing peternak. Tentunya lain daerah akan lain harga.

Baca: Cara Beternak Ikan Lele di Kolam Terpal

Biaya Ternak Lele Kolam Terpal

Dalam pembuatan kolam terpal ikan lele usahakan lahan yang akan digunakan memiliki tempat yang rindah dan sejuk, namun jangan tepat di bawah pohon. Selain itu usahakan terpal yang digunakan jenis A3 karena yang lebih tebal dan kuat. Untuk analisa usaha ternak ikan lele di kolam terpal bisa di baca pada artikel berikut ini (Analisa Usaha Pembesaran Ikan Lele di Kolam Terpal).

Mengapa harus kolam terpal? Kolam terpal sendiri diartikan sebagai kolam yang dasarnya maupun sisi dindingnya dibuat dari terpal. Kolam terpal dapat mengatasi resiko-resiko yang terjadi pada kolam tanah maupun kolam beton. Kolam terpal juga bisa digunakan di mana saja, baik di perkarangan ataupun di halaman rumah dengan lahan yang belum dimanfaatkan dan kurang produktif.

Sementara, untuk estimasi biaya pembuatan kolam terpal yang akan digunakan dalam budidaya lele adalah sebagai berikut:

Estimasi Biaya Pembuatan Kolam Terpal

  • Kolam terpal ukuran 6 x 8 meter
  • Jenis terpal A3
  • Kedalaman tanah yang digali untuk pembuatan kolam kurang lebih 70 cm dan lebar mencapai 4 x 6 meter.
  • Sementara ukuran ketinggian kolam ke atas sekitar 0-700 m dpl tergantung dari kedalaman tanah dan suhu yang diperlukan.
  • Ijuk dan kayu bambu yang dibutuhkan.

Estimasi biaya ternak lele kolam terpal per satu unitnya bisa mencapai Rp500.000.,- (selengkapnya bisa dilihat analisa usaha pembesaran ikan lele di atas).

Keuntungan Ternak Lele di Kolam Terpal

Keuntungan ternak lele di kolam terpal adalah:

  • Terhindar dari pemangsaan ikan liar
  • Dilengkapi pengatur volume air yang bermanfaat untuk memudahkan penyesuaian ketinggian air sesuai dengan usia ikan.
  • Dapat dijadikan peluang usaha skala mikro dan makro.
  • Lele yang dihasilkan lebih berkualitas, lele terlihat tampak bersih dan tidak berbau dibandingkan pemeliharaan di wadah lainnya.

Jenis-Jenis Kolam Terpal Untuk Budidaya Ikan Lele

  1. Kolam terpal dengan kerangka bambu/kayu.
  2. Kolam terpal dengan kerangka pipa/besi.
  3. Kolam terpal dengan dinding batako atau bata.
  4. Kolam terpal dengan dinding tanah.
  5. Kolam terpal dengan dinding kolam beton.

Baca: Untung Rugi Ternak Lele, Silakan Dipertimbangkan

Nah itulah kira-kira terkait rincian estimasi biaya pembuatan kolam terpal dalam pembuatan kolam terpal ikan lele. Terimakasih semoga bermanfaat. Artikel terkait, silakan dibaca juga buat refrensi tambahan: analisa budidaya lele 1000 ekor.

Baca juga: usaha ternak lele rumahan

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *