Ciri Ciri Lele Sangkuriang

Ciri Ciri Lele Sangkuriang Jantan dan Betina

Ayobuydidaya.comCiri Ciri Lele Sangkuriang adalah salah satu tahap awal mengenal karakteristik ikan lele. Terutama untuk lele sangkuriang yang akan dijadikan usaha dalam bidang perikanan.

Mengenal ciri ciri lele terutama pada ikan lele sangkuriang bisa menjadi modal penting dalam ikut berpatisipasi meningkatkan produksi ikan konsumsi yang digemari masyarakat ini.

Terlebih selama kurun waktu 2005 – 2007, hingga sekarang 2018, 2019, dan memasuki 2020, minat akan ikan air tawar ini tidak sedikitpun mengalami penurunan.

Pada kurun waktu 2005 – 2007 misalnya, telah menunjukan hasil yan gsignifikan dengan meningkatnya volume dan nilai produksi perikanan budidaya ini.

Tentunya ini menjadi peluang usaha dalam bagaimana menghadilkan hasil budidaya ternak ikan lele yang berkualitas baik dan mampu memenuhi kebutuhan.

Termasuk permintaan di masa yang akan datang, sehingga pengembangan budidaya bukan lagi soal kuantitas, tetapi juga tentang kualitas mutu sehingga ikan lele yang dihasilkan dapat bersaing di pasar global.

Dalam mendorong dan mendukung upaya di atas, tentu kita harus mengenal apa saja yang menjadi tahapan tahapan memperbaiki mutu dan kualitas dari ikan lele.

Termasuk dari mengenal bagaimana ciri ciri ikan lele jantan dan betina, dalam hal ini yang akan kita rujuk adalah ikan lele sangkuriang.

Jadi, dalam pembudidayaanya terkait ciri ciri ikan lele sangkuriang jantan dan ikan lele sangkuriang betina ini benar benar kita pahami.

Dengan ciri ciri yang bisa kita pahami, kita bisa menghadirkan bibit yang baik seacara kualitas maupun secara kuantitias yang mendorong hasil produksi panen yang besar.

Sehingga tercipta efisiensi biaya produksi, peningkatan mutu produk agar diterima pasar dan jaringan pemasaran yang lebih luas.

Ciri Ciri Ikan Lele Sangkuriang Jantan

Ciri Ciri Lele Sangkuriang
Ilustrasi Ciri Ciri Lele Sangkuriang

Dalam menilai ciri ciri ada beberapa hal yang bisa kita coba bisa analisis sesuai kebutuhan, misalnya saja ciri ciri induk ikan lele sangkuriang yang telah matang honad karena harus memenuhi persyaratan standar baik matang kelamin maupun berumur tidak kurang dari satu tahun.

Karena ini bisa menjadi dasar peningkatan mutu produksi budidaya dalam bidang pembenihan ikan lele, sehingga harus dapatkan kriteria indukan ikan lele yang sesuai prosedur indukan yang berkualitas.

Di antaranya ciri ciri yang bisa kita kenal pada indukan lele sangkuriang adalah sebagai berikut:

  1. Alat kelamin tampak jelas dan runcing
  2. Wanra tubuh agar kemerahan
  3. Tubuh ramping dan gerakannya lincah.

Namun pada umumnya ciri ciri ikan lele jantan adalah sebagai berikut:

  1. Lele jantan mempunyai bentuk kelamin (Urogenital papilla) yang cenderuyng memanjang atau menonjol ke arah belakang. Terletak pada bagian bawah anus. Jika sudah siap kawin di ujung alat kelamin berwarna kemerahan.
  2. Bentuk tubuh lele jantan cenderung lebih langsing dan panjang dibandingkan dengan bentuk tubuh lele betina. Tetapi ini tidak mutlak karena ada lele jantan yang perutnya bulat karena penuh makanan, ada juga yang ukurannya pendek.
  3. Lele jantan memiliki kepala yang lebih kecil dari ikan lele betina.
  4. Gerakan lele jantan cenderung lebih lincah dari lele betina, karena dengan bentuk tubuh lele jantan lebih langsing dan panjang.
  5. Sifat lele jantan lebih agresif dari ikan lele betina. Jika ditempatkan satu kolam berisi lele jantan dan betina dalam keadaan air masih terlalu bening biasanya lele jantan akan tarung sampai salah satunya luka bahkan mati.
  6. Lele jantan memiliki warna kulit dada yang lebih gelap dibanding dengan lele betina.
  7. Bila diurut dari bagian perut ke arah ekor induk lele jantan akan mengeluarkan cairan putih kental.

Ciri Ciri Ikan Lele Sangkuriang Betina

Selanjutnya adalah tentang ciri ciri ikan lele betina yang harus kita ketahui, terutama tentunya dalam hal ini adalah tentang lele sangkuriang pada umumnya.

Ciri ciri yang bisa kita ketahui di antaranya adalah:

  1. Lele betina memiliki bentuk kelamin bulat/oval berwarna merah dan membengkak jika sudah siap kawin. Terletak pada bagian bawah anus.
  2. Lele betina memiliki bentuk tubuh yang melebar, biasanya jika sudah siap kawin perut akan terlihat besar karena berisi telur-telur. Berbeda dengan lele jantan yang membiliki tubuh ramping.
  3. Lele betina cenderung memiliki bentuk kepala yang lebih besar jika dibandingkan dengan lele jantan.
  4. Gerakan lele betina tidak selincah lele jantan. Karena bentuk tubuhnya yang lebih besar. Tapi ini tidak mutlak, kadang lele betina lincah hampir menyerupai kelincahan pada ikan lele jantan.
  5. Sifat lele betina lebih pasif dari ikan lele jantan.
  6. Lele betina memiliki warna kulit dada yang lebih terang dibanding dengan lele jantan.
  7. Bila diurut dari bagian perut ke arah ekor induk lele betina akan mengeluarkan cairan kekuning-kuningan (ovum/telur), bahkan ada juga yang mengeluarkan telur berwarna hijau tua / kecokelatan.

Sementara ciri ciri induk betina pada ternak ikan lele sangkuriang adalah sebagai berikut:

  1. Bagian perut tampak membesar ke arah arus dan jika diraba terasa lembek.
  2. Lubang kelamin berwarna kemerahan dan tampak agak membesar.
  3. Jika bagian perut idurut ke arah anus, akan mengeluarkan telur yang berwarna kekuning-kuningan dan ukurannya relatif besar.
  4. Pergerakannya lambang dan jinak.

Perbedaan Alat Kelamin Ikan Lele Jantan dan Betina

Tentunya jika ada ciri ciri juga ada beberapa hal yang bisa kita coba telaah dari perbedaan. Terutama perbedaan alat kelamin ikan lele sangkuriang jantan dan betina.

Adapun perbedaanya baik pada ikan lele jantan dengan ikan lele betina adalah sebagai berikut:

  • Alat kelamin lele betina
  • Alat kelamin lele jantan
  • Ovarium (kantung telur) 2 buah
  • Kantong sperma (testis) lele jantan

Ciri Ciri Indukan Lele Sangkuriang Unggul

Ciri Ciri Lele Sangkuriang
Ilustrasi Ciri Ciri Lele Sangkuriang

Adapun ciri ciri indukan lele sangkuriang yang unggul adalah sebagai berikut:

  1. Umur sudah mencapai 1 sampai 2 tahun.
  2. Bobot hampir mencapai 1 kg atau bahkan lebih
  3. Lincah dan tiak banyak diam.
  4. Badannya merah mengkilap dan gemuyk tanda ikan sehat.
  5. Tidak ada cacat pada mata, sirip, dan kulitnya.
  6. Pertumbuhan tidak terlambat dari saudara saudarannya.

Untuk itu ciri indukan lele yang baik digunakan untuk budidaya adalah indukan yang sudah siap dan matang kelamin atau matang gonad. Adapun cirinya adalah sebagai berikut:

  • Lele jantan alat kelamin akan membesar atau membengkak dan berwarna kemerahan ada bintik berwarna putih.
  • Lele betina lubang kelaminnya akan memerah dan membesar
  • Lele betina akan keluar teluyr jika diurut dari perut ke anuys
  • Lele betina perutnya membesar dan cenderung lembek.

Baca Juga: Untung Rugi Ternak Lele, Silakan Dipertimbangkan

Itulah beberapa hal yang bisa kita ketahui tentang ciri ciri ikan lele sangkuriang. Sehingga ketika akan melakukan budidaya, baik pembibitan maupun pembesaran sebaiknya harus memahami ciri ciri jantan dan betina.

Sehingga produksi yang ingin dicapai berhasil. Dan produksi sesuai dengan petunjuk budidaya. Dengan demikian juga beberapa kriteria lainnya bisa terpenuhi dengan baik.

Setidaknya kita bisa merencanakan dengan tepat dalam prakti budidaya usaha ternak ikan lele. Itulah yang bisa disampaikan. Semoga apa yang ditulis dan diinformasikan dapat bermanfaat untuk kita semua.

Sekian yang bisa disampaikan. Terimakasih. Salam.

Kaseto Efendi Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *