cara menetaskan telur kura-kura

Cara Perawatan dan Budidaya Kura Kura

Cara Perawatan dan Budidaya Kura Kura (Ayobudidaya.com) – Cara perawatan dan budidaya kura-kura merupakan salah satu hal penting untuk dilakukan. Terkait langkanya spesies binatang yang bercangkang keras ini di alam bebas.

Maka perawatan dan budidaya kura-kura yang baik adalah menjaganya dari eksplorasi liar manusia.

Selama ini, banyak orang yang memiliki kesulitan saat hendak melakukan budidaya kura-kura. Salah satu alasannya adalah bahwa dalam proses pembudidayaannya, dibutuhkan ketelitian serta ketelatenan.

Khususnya saat hendak menetaskan telur sebagai proses awal pembudidayaan kura-kura.

Penetasan telur merupakan bagian paling rawan. Ada kesalahan sedikit saja, akan berakibat telur gagal menetas. Pengembangbiakan kura-kura akan sedikit terhambat jika telur gagal menetas.

Dari proses penetasan telur inilah, jumlah kura-kura baru akan menambah jumlah kura-kura di alam bebas, bisa diketahui perkembangannya.

Cara Budidaya Kura Kura

Cara perawatan dan budidaya kura-kura memang rumit, tidak semudah merawat bulu dan kulit kucing. Rumitnya proses penetasan telur dalam kegiatan budidaya kura-kura ini, harus mempersiapkannya dengan teliti.

Hal ini terkait demikian rentan dan pekanya telur kura-kura terhadap kondisi lingkungan. Diperlukan juga kejelian untuk mengamati perkembangan telur-telur yang sedang dalam proses penetasan tersebut.

Ini merupakan salah satu kunci untuk menentukan keberhasilan penetasan buatan yang di lakukan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam cara perawatan dan budidaya kura-kura, khususnya dalam proses penetasan telur adalah mempersiapkan media pengeraman yang tepat.

Beberapa media yang bisa digunakan sebagai bahan pengeraman buatan di antaranya adalah pasir, peat moss, pupuk tanaman, atau juga vermiculite.

Tingkat kelembaban lingkungan. Suhu yang disarankan berkisar pada angka 26-28 derajat celcius. Hal ini bisa diketahui dengan cara meletakkan alatpengukur suhu pada lokasi penetasan.

Kehangatan suhu dalam media pengeraman. Kestabilan posisi telur. Telur yang terlalu sering berpindah posisi, akan berdampak pada rusaknya embrio sehingga telur gagal menetas.

Untuk itu, telur yang ditetaskan jangan sampai tertutup sepenuhnya dengan media eram.

Sisakan sedikit bagian agar bisa terlihat kondisinya. Untuk mengetahui posisinya, tandai bagian yang terlihat tersebut menggunakan pensil.

Sehingga jika posisinya berubah, bisa cepat diketahui. Ada tidaknya telur rusak. Jika Anda menemukan telur yang rusak atau membusuk, harus cepat dipindahkan atau dibuang dari media penetasan.

Jika tidak dilakukan berpotensi merusak telur lain yang sehat.

cara perawatan dan budidaya kura-kura
cara perawatan dan budidaya kura-kura

Kura-kura cukup menarik untuk dipelihara. Memelihara kura-kura tidak serumit yang ktia bayangkan selama ini.

Kasus Kematian Kura Kura dan SOP Perawatan

Cara perawatan dan budidaya kura-kura jika ditangani dengan baik dan benar, maka akan berhasil.

Kasus kematian kura-kura di penangkaran selama ini lebih disebabkan karena kura-kura tidak ditangani dengan benar.

Jika tepat prosedur perawatannya, kura-kura dapat hidup selama beberapa dekade, tetapi hal ini membutuhkan perhatian khusus dengan membayar makanan, pengaturan hidup, dan pengobatan kura-kura selama pemeliharaan.

Hal yang perlu diperhatikan dalam cara perawatan dan budidaya kura-kura agar selalu sehat yakni dengan memastikan kura-kura memiliki ruang yang cukup untuk hidup, memastikan ruangan tersebut cukup cahaya, kelembaban yang terjaga, adanya air bersih, dan lampu berjemur.

Dalam beberapa kasus, cara perawatan dan budidaya kura-kura yang dilakukan kebanyakan orang yakni dengan memilih untuk mencoba menciptakan sebuah habitat alami penyu seasli mungkin.

Artinya kura-kura akan memiliki siklus hidup dan berkembang biak seperti saat ia di alam.

Kelemahan dari cara ini kura-kura akan memliki sifat yang tertutup terutama saat periode musim bertelur karena sejatinya kura-kura akan bersembunyi saat membuat sarang dan enggan diganggu.

Cara Perawatan Kura Kura Hasil Budidaya

Selain itu, cara perawatan dan budidaya kura-kura yang dilakukan sebagian orang di luar negeri, yakni dengan menggunakan pendingin untuk mencoba dan menciptakan kondisi ideal bagi penyu untuk melakukan hibernasi atau istirahat panjang.

Sebenarnya cara perawatan dan budidaya kura-kura seperti itu tidak disarankan, karena alasan sederhana, bahwa jika kura-kura tidak memiliki kemampuan adaptasi yang baik maka jika terjadi kenaikan suhu tiba-tiba, tidur kura kura akan terganggu, dan dalam beberapa kasus justru berakibat fatal.

Cara terbaik adalah untuk tidak membiarkan kura-kura hibernate sama sekali jika berencana menyimpannya di dalam ruangan.

Cara perawatan dan budidaya kura-kura di dalam rumah, kita harus mempertimbangkan beberapa hal, di antaranya, pastikan kapasitas tangki pemeliharaan mampu menampung minimal 40 galon.

Harus ada ruang yang cukup untuk meletakkan Kura-kura dan juga harus mempunyai tempat di mana kura-kura dapat berjemur di panas matahari.

Selain itu, perhatikan, temperatur yang ideal untuk habitat penyu sangat tergantung pada jenisnya seperti kura-kura darat dapat mempertahankan panas tubuh lebih lama daripada kura-kura akuatik.

Untuk itu disarankan tidak terlalu mengambil kura-kura keluar dari tempat pemeliharaan secara sering.

Perubahan suhu tiba tiba dapat mempengaruhi sistem kekebalan reptil, karena mereka adalah hewan berdarah dingin dan membutuhkan waktu lebih lama untuk menyesuaikan diri dengan perubahan.

Selain itu juga, ingatlah mencuci tangan setelah memegang kura-kura, hal ini dilakukan untuk menghindari kontaminasi. Memang Tidak semua kura-kura membawa salmonella, akan tetapi agar lebih aman bagi kesehatan maka menjaga kebersihan baik bagi diri sendiri maupun kura kura dan habitatnya tetap menjadi prioritas.

Kura Kura Akuatik

Pada kura-kura akuatik, cara perawatan dan budidaya kura-kura sebisa mungkin hindari menggunakan air keran untuk aquarium karena mengandung senyawa seperti klorin dan fluoride yang dapat mengganggu keseimbangan ph.

Gunakan mata air alami untuk air minum kura-kura dan de-diklorinasi air untuk area berenang. Lebih baik mengurangi kadar klorin dalam air dengan membiarkannya terlebih dahulu selama 24 jam sebelum digunakan.

Beberapa orang beranggapan bahwa menggunakan air diklorinasi membantu mencegah pembentukan bakteri mematikan.

Hindari menggunakan kulit kayu atau serpihan kayu di sangkar tempat tinggal kura-kura. Kulit kayu dapat menimbulkan masalah dengan kura-kura karena mungkin saja terterlan.

Selain itu, kayu juga akan menyebabkan kandang terkontaminasi sangat cepat dengan jamur. Solusinya letakkan kandang di sebuah ruangan di mana pencahayaan tidak berubah terlalu sering.

Turtles umumnya membutuhkan 12 jam sinar matahari, dan menggunakan lampu UV sehingga kura-kura akan terbantu mendapatkan jumlah vitamin D3 untuk tetap sehat. Inilah sebabnya mengapa kura-kura berjemur di matahari di alam liar.

Kura-kura juga harus mempunyai tempat persembunyian sederhana untuk beristirahat ketika bosan berada di tempat terbuka.

Gunakan media yang tidak beracun dan berbahaya seperti batu alam jika ingin menambahkan vegetasi untuk aquarium kura-kura, dan pastikan tanaman tersebut tidak beracun bagi kura-kura, karena ada kemungkinan besar mereka akan mencoba untuk memakannya.

Selalu awasi kura-kura sehingga aman dari gangguan anak-anak kecil, atau binatang peliharaan rumah. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan perilaku kura-kura dan merawatnya.

Seekor penyu bukan benda mati, ia adalah makhluk hidup dan cukup cerdas untuk mengetahui siapa teman-teman dan musuhnya. Memelihara kura kura dapat member hiburan bagi seluruh keluarga, dan merupakan salah satu cara.

Baca Juga: Harga Tokek Dengan Berbagai Jenis Ukurannya

Itulah beberapa hal tentang budidaya kura kura yang bisa kita ketahui. Intinya adalah cara yang dijelaskan ini umum bisa dilakukan.

Sehinggga bisa untuk cara ternak kura kura ambon, jenis kura kura brazil hingga kepada cara merawat kura kura brazil, maupun jenis kura kura air tawar hias lainnya.

Selain itu, nantinya yang bisa dipelajari juga adalah tentang kandang kura kura dan jika di Kura Kura Brazil ada cara merawat tempurung kura kura brazil maupun kura kura bertelur tanpa pejantan.

Itulah yang bisa disampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat. Sekian. Terimakasih. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *