Cara Membuat Probiotik Lele Dari Yakult

Cara Membuat Probiotik Lele Dari Yakult

Cara membuat probiotik lele dari yakult sangatlah mudah. Sehingga, membuat probiotik untuk lele bisa dilakukan untuk siapa saja. Termasuk pemula dibidang peternakan.

Maka tak sedikit yang membuat probiotik lele sendiri, sama seperti cara membuat probiotik untuk unggas, bisa dilakukan sendiri. Maka, ada yang membuat probiotik lele dari yakult dan ada dari bahan atau media lainnya.

Seperti yang akan dijelaskan ayobudidaya.com kali ini, tentang bagaimana cara membuat probiotik lele dari yakult dengan komposisi bahan yang sederhana dan cara yang bisa dilakukan oleh siapa saja.

Namun sebenarnya tanpa membuat probiotik lele dari yakult, peternak ikan lele sebenarnya bisa mendapatkannya di toko toko yang berkaitan tentang perikanan maupun peternakan. Di toko itu ada namanya probiotik lele em4 dan jenis lainnya.

Namun memang sebagian besar peternak ikan lele dalam menjalankan usaha budidaya ikan lele mereka biasanya membaut sendiri dan sudah mempelajari cara membuat probiotik organik. Sehingga lebih meringankan cost atau biaya modal beternak ikan lele.

Manfaat Probiotik Untuk Lele

Namun, yang harus diketahui adalah kemanfaatan Probiotik Lele dari Yakult. Karena cara mempercepat pertumbuhan lele adalah dengan memberikan vitamin, dan salah satunya adalah probiotik.

Jenis probiotik apapun, baik yang dijual di toko-toko maupun probiotik yang dibuat sendiri, seperti yang dikuasai peternak ikan saat ini tentang cara membuat probiotik nitrobacter, cara membuat probiotik dari yakult, maupun cara membuat probiotik organik.

Karena pada umumnya, seperti kita ketahui bersama bahwa, probiotik merupakan feed additive atau bahan tambahan yang mengandung sejumlah bakteri (mikroba) yang memberikan efek yang menguntungkan kesehatan ikan.

Hal ini dikarenakan, probiotik dapat memperbaiki keseimbangan mikroflora intestinal. Sehingga penggunaan probiotik lele dari yakult diharapkan dapat memberikan keuntungan perlindungan, proteksi penyakit dan perbaikan daya cerna pakan.

Selain itu juga, menurut pendapat Prangdimurti (2001), probiotik dapat mempercepat pertumbuhan dan meningkatkan kekebalan tubuh dari penyakit pathogen tertentu.

Bahkan probiotik berkembang dalam usus dan dapat menguntungkan inangnya baik secara langsung maupun tidak langsung dari hasil metabolitnya (Kompiang, 2009).

Selain itu, bakteri yang trkandung pada probiotik dapat mengubah mikroekologi usus sedemikian rupa sehingga mikroba yang menguntungkan dapat berkembang dengan baik (Raja dan Arunachalam, 2011).

Membuat Probiotik Dari Yakult

Setelah mengetahui manfaat probiotik dari yakult, berikut adalah cara membuatnya. Sebenarnya cara membuat probiotik dari yakult ini tidak jauh berbeda dari cara membuat probiotik untuk unggas, maupun, cara membuat probiotik nitrobacter, dan cara membuat probiotik organik.

Apalagi saat ini petunjuk dan tutorial cara membuat probiotik mudah sekali kita dapatkan. Karena sudah ada banyak kumpulan cara membuat probiotik yang bisa kita gunakan untuk membuat probiotik, baik untuk lele maupun untuk unggas.

Berikut cara sederhana membuat probiotik dari yakult. Adapun bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  • Yakult 5 botol
  • Gula.putih 1kg
  • Dedak 1kg
  • Air cucian beras 5 liter
  • Air isi ulang galon atau air seteril 40 liter
  • Air kelapa tua 1 liter
  • Ragi tape 10 butir

Cara Membuat Probiotik Lele Dari Yakult

Adapun cara membuatnya adalah dengan beberapa langkah. Pertama, masukkan terlebih dahulu semua bahan yang telah tersedia di atas. Kemudian masukan ke dalam tempat atau wadah dengan kapasitas 20 sampai 50 litter.

Selanjutnya tutup rapat wadah tersebut sampai minimal 4 hari kemudian. Ketika sudah 4 hari berjalan, baru dibuka dan digunakan untuk kolam ikan lele.

Dosis pemberian probiotik untuk lele dair bahan dasar yakult ini adalah per empat gelas aqua per minggunya. Pemberian dosis probiotik lele yakult tersebut untuk ukuran kolam lele 4 x 6 meter.

Lalu, selanjutnya di setiap 10 hari sekali tebarkan kapur minimal 4 aqua gelas. Selanjutnya jangan lupa diaduk dengan menggunakan air kolam dan tunggu selama 5 menit agar kapur mengendap.

Baru, langkah selanjutnya, jika sudah mengendap, siramkan air kapur yang telah dibuat tadi dan jangan lupa untuk membuang sisa endapannya.

Cara Menggunakan Probiotik Pada Ikan Lele

Selain cara membuat dan cara menggunakan probiotik lele dari yakult di atas, sebagian peternak ikan lele juga dalam beternak ikan lele kerap menerapkan sistem pemberian probiotik yang dicampurkan pada pakan ikan lele.

Sehingga, hal ini dimaksudkan agar pertumbuhan ikan lele dapat lebih cepat, masa panen lebih singkat sehingga efisiensi pakan ikan lele juga meningkat.

Dan terakhir imbas lebih lanjut adalah terkait untung rugi ternak lele itu sendiri. Sebab, semakin cepat panen, dan efisiensi pakan lebih tinggi, maka keuntungan ternak lele juga lebih terasa meningkat.

Jadi dalam menjalankan usaha budidaya ternak lele sama seperti budidaya unggas, yang juga sangat penting pemberian probiotik, baik di minum (air) maupun di pakan.

Dan artikel tentang cara membuat probiotik lele dari yakult ini juga menjadi bagian penting untuk peternak ikan membuat probiotik sendiri, sehingga lebih meringankan cost atau biaya beternak ikan lele.

Semoga artikel membuat probiotik lele dari yakult ini bermanfaat. Sampai bertemu di artikel selanjutnya. Terimakasih. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *