cara budidaya ikan mas di kolam tadah hujan

Cara Budidaya Ikan Mas di Kolam Tadah Hujan

Berikut ini adalah materi informasi tentang bagaimana cara budidaya ikan mas di kolam tadah hujan? Seperti yang kita ketahui, ada banyak metode dalam cara budidaya ikan mas, salah satunya dengan menggunakan kolam tadah hujan ini.

Mungkin dari kita juga sudah tidak asing, selama ini cara budidaya ikan mas yang digunakan adalah cara budidaya ikan mas di kolam terpal, cara budidaya ikan mas di kolam beton, atau bahkan cara budidaya ikan mas di keramba.

Nah informasi kali ini dari ayobudidaya.com adalah tentang cara budidaya ikan mas di kolam tadah hujan. Seperti apa? Kita simak bersama penjelasannya pada artikel berikut ini:

Sistem Cara Budidaya Ikan Mas

Sebenarnya dari artikel sebelumnya admin sudah sangat lengkap menjelaskan tentang budidaya ikan mas, berikut link sebelumnya yang sudah ditulis: cara budidaya ikan mas di berbagai kolam.

Artikel tersebut merupakan tentang cara budidaya ikan mas yang menggunakan berbagai kolam dalam budidaya, jadi ada kolam terpal, kolam beton, lahan sawah, kolam tanah, keramba, dan lain-lain.

Pada prinsipnya budidaya ikan mas pun sama. Namun, pada kolam tadah hujan ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Seperti ini

  1. sistem kolam tadah hujan untuk budidaya ikan mas menggunakan kolam yang dibangun di atas hamparan bujur sangkar dengan ukuran antara 5-10 meter persegi.
  2. kolam tadah hujan seperti namanya tentunya mengandalkan curah hujan dalam penyediaan air dan mengandalkan tiupan angin untuk meningkatkan kadar oksigen terlarut dalam air.
  3. cara budidaya ikan mas di kolam tadah hujan ini merupakan cara yang sudah umum digunakan oleh peternak tradisional yang tidak terlalu mengharapkan hasil yang banyak.
  4. kekurangan dari sistem cara budidaya ikan mas di kolam tadah hujan ini adalah kurangnya kadar oksigen dan tingginya kadar pencemaran amonia.

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Budidaya Ikan Mas

Selanjutnya untuk cara budidaya ikan mas menggunakan kolam tadah hujan sendiri sama seperti cara budidaya ikan mas lainnya. Misal, yang harus diperhatikan adalah:

  1. Lokasi kolam yang bebas banjir dan dekat dengan sumber air, jika tadah hujan tentunya yang potensi mendapatkan guyuran air hujan.
  2. Kolam dibangung di lahan yang landai dengan kemiringan 2-5% sehingga memudahkan pengairan kolam secara grafitasi.
  3. Kontruksi kolam juga harus dipikirkan agar sirkulasi air kolam dapat berjalan dengan lancar.
  4. Pembuatan pondasi kolam juga harus kuat dan tidak mudah ambruk atau amblas.
  5. Jika menggunakan tanah, jenis tanah yang baik digunakan untuk membuat kolam adalah jenis tanah lia atau lempung dan tidak berporos.
  6. Ketinggian lokasi kolam yang akan dibuat kolam ikan mas setidaknya memiliki ketinggian berkisar 150-1.000 meter dpl.
  7. Ketinggian optimum untuk mendapatkan suhu air yang cocok untuk ikan mas berkisar 400-600 meter dpl.
  8. Perhatikan juga suhu yang dibutuhkan ikan. Suhu ikan mas berkisar 14-320 celcius. Namun, suhu optimum untuk pertumbuhan ikan mas di daerah tropis yaitu 22-280 celcius.

Cara Budidaya Ikan Mas

Adapun cara budidaya yang harus kita lakukan ada beberapa tahap, di antaranya adalah, yang pertama terkait persiapan kolam.

Saat persiapan kolam ini yang harus diperhatikan adalah pertama membersihkan kolam dari penggunaan kolam diperiode sebelumnya.

Karena dikhawatirkan, kolam mengandung penyakit dan parasit. Caranya dalam hal ini pun mudah, yakni, agar penyakit dan parasit dalam kolam mati, silakan paparan sinar matahari dalam kondisi air kolam kering satu hari untuk kolam semen, dan 5 sampai 7 hari untuk kolam tanah.

Untuk penggunaan pakan alami di kolam, kita bisa mengandalkan kultur plankton. Caranya dengan menambahkan pupuk organik dan atau pupuk kandang.

Dosis pemberian pupuk di kolam ikan mas ini berkisara 1-2 ton/ha kolam ikan. Selanjutnya jangan lupa untuk mengisi air setinggi 15 cm.

Nah, jika air kolam sudah berubah menjadi warna hijau, ini menandakan ganggang dan plangkton yang diharapkan sudah tumbuh. Lalu isi kolam kembali dengan air sampai mencapai ketinggian 120 cm.

Cara Menebar Bibit Ikan Mas

Ini adalah langkah kedua, setelah kolam siap seperti di atas. Carilah bibit ikan mas unggul dan berkualitas. Ciri bibit ikan mas unggul pergerakannya gesit.

Selain itu memiliki kulit yang mulus tanpa ada luka ataupun jamur dan parasit lainnya. Selanjutnya, bibit ikan berasal dari indukan unggul dan bersertifikat, serta nafsu makannya terbukti baik. Selain itu, sesuaikan bibit ikan. Untuk jenis Ikan Mas Konsumsi tebarannya adalah di kepadatan 20 ekor/meter2.

Pakan Ikan Mas dan Masa Panen

Nah, perhatikan kebutuhan pakan ikan mas yang dibudidayakan. Ikan mas membutuhkan pakan pelet yang mengandung protein sebesar 25%.

Volume pemberian 3-4 % bobot ikan, pakan diberikan dari pagi dan sore hari. Berikan secukupnya. Dan pastikan tidak tersisa dan memicu sisa pakan menimbulkan penyakit dan pengurangan oksigen.

Untuk panen ikan mas, dilakukan saat ikan mas memiliki berat badan 300-400 gram per ekornya. Ini biasanya dilakukan pada umur ikan mas mencapai 6-8 bulan.

Semoga bermanfaat. Ikuti dan baca artikel lainnya. Baca Juga:

Estimasi Rincian Biaya Ternak Lele Kolam Terpal

Cara Memelihara Ikan Nila Supaya Cepat Besar

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *