cara budidaya ikan koki

Cara Budidaya Ikan Koki Dengan Mudah Untuk Pemula

Ayobudidaya.com kali ini akan membahas tentang cara budidaya ikan koki. Tentunya hal ini untuk memudahkan peternak ikan hias koki pemula. Harapannya dapat memelihara ikan mas koki, baik tanpa oksigen, maupun dengan oksigen.

Baik budidaya di kolam terpal, kolam tembok, maupun di aquarium. Hal ini juga dimaksudkan untuk memaksimalkan potensi produksi budidaya ikan hias di Indonesia.

Untuk itu, cara cara budidaya yang baik dan benar dalam budidaya ikan mas koki patut kita pelajari. Baik dalam tata cara budidaya ikan mas koki di kolam terpal, maupun cara memelihara ikan mas koki tanpa oksigen, dan teknik lainnya.

Pastinya dalam praktinya nanti, kita melihat potensi yang bisa dikerjakan, dari alat dan bahan budidaya ikan mas koki yang tersedia di setiap wilayah yang akan melakukan usaha budidaya.

Cara Budidaya Ikan Mas Koki

cara budidaya ikan koki
Cara Budidaya Ikan Koki | Gambar oleh Hans Braxmeier – Pixabay

Analisa usaha budidaya ikan mas koki di Indonesia cukup menggiurkan. Potensinya besar. Untung rugi ternak ikan mas koki masih minim. Terlebih jika dilakukan budidaya dengan baik dan benar.

Terkait peluang usaha budidaya ikan mas koki tentu sangat luas. Bisa dibudidayakan di lahan yang terbatas maupun di lahan yang luas. Permintaan juga tinggi, sebab banyak penghobi ikan koki yang membutuhkan banyak jenis ikan mas koki ini untuk ibat stres di kala penat bekerja.

Maka potensi ini bisa digarap maksimal. Terlebih cara membudidayakan ikan koki ini juga dibilang cukup mudah dengan tingkat keberhasilan dalam budidaya tinggi.

Untuk itu memaksimalkan potensi ada banyak hal yang bisa kita pelajari dalam cara budidaya yang baik dan benar. Di antaranya pertama kali yang harus kita ketahui adalah Mengenal Jenis-Jenis Ikan Mas Hias.

Sebab ikan koki adalah termasuk jenis ikan mas hias. Untuk itu, kita bisa pahami apakah cara budidaya ikan koki ini sama seperti cara budidaya ikan mas biasa atau jenis ikan mas konsumsi.

Jenis Ikan Mas Koki

Contohnya jenis ikan mas koki adalah sebagai berikut:

  1. Ikan Mas Koki Calico : warna ikan dengan sisik transparan, terdiri lima warna dasar, yaitu hitam, putih, biru, dan salah satu warnanya lagi merah/ coklat / kuning / oranye.
  2. Ikan Mas Koki Lion Head : berasal dari China, bertahan hidup hingga 15 tahun bahkan lebih, dan termasuk ikan yang friendly terhadap ikan lain. Memiliki tonjolan di atas kepalanya.
  3. Ikan Mas Koki Sisik Mutiara : berasal dari Jepang dan China, memiliki tubuh bulat, sisik mengkilap, memiliki tonjolan di kepala, dan ikan ramah berenang lamban. Dapat tumbuh hingga 10-15 cm. Masa hidup 10 hingga 15 tahun.
  4. Ikan Mas Koki Sukiyu (Pompon)
  5. Ikan Mas Koki Bubble Eye
  6. Ikan Mas Koki Ranchu

Jenis ikan koki di atas adalah salah satu jenis dengan harga ikan koki tertinggi di Indonesia. Sebab, satu ekor ikan mas koki bisa dihargai Rp600 ribuan.

Cara budidaya ikan mas koki sama seperti cara budidaya ikan mas pada umumnya. Karena budidaya ikan mas ada beberapa metode yang bisa kita lakukan, contohnya saja:

  1. Cara Budidaya Ikan Mas di Kolam Tadah Hujan
  2. Sistem Budidaya Ikan Mas di Kolam Air Deras

Dan sebenarnya masih ada banyak lain. Untuk ikan mas koki sendiri cara budidayanya tak jauh seperti sub judul di atas. Ada dari kolam aquarium, kolam beton, sampai kolam terpal.

Namun beberapa cara tersebut kita bisa melakukan beberapa hal yang mudah di lahan sempit. Berikut cara cara yang bisa kita lakukan dalam budidaya ikan mas koki di lahan sempit untuk pemula.

Cara Budidaya Ikan Mas Koki di Lahan Sempit Bagi Pemula

cara budidaya ikan mas koki
Cara Budidaya Ikan Mas Koki

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan, pertama kali adalah dengan menyiapkan aquariumnya. Aquarium untuk ikan mas koki memiliki ukuran panjang 80 cm, lebar 40 cm, dan tinggi aquarium setinggi 40 cm.

Alasan ukuran kolam aquarium tersebut untuk memudahkan kita dalam mengontrol kualitas air. Selanjutnya setelah mengetahui ukuran aquarium kia bisa memilih benih ikan koki yang berkualitas.

Memilih induk berkualitas cukup mudah mudah susah. Tapi patokan induk berkualitas adalah dapat memberikan benih anakan ikan koki terbaik.

Maka kualitas induk juga dapat dilihat apakah ikan koki sehat dan tidak ada riwayat terserang parasit apapun. Untuk indukan gunakan ikan koki berumur tiga tahun ke atas.

Selanjutnya adalah jangan buat indukan terlalu gemuk, hal ini memastikan agar dapat menghasilkan telur dengan baik. Lalu, berikan pakan ikan yang bermutu, dalam hal ini untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan lualitas sperma dan sel telur.

Selain itu, bedakan jantan dan betina harus tepat. Jadi, kita harus bisa membedakan indukan jantan atau betina ikan koki. Ini upaya jika kita ingin melakukan budiaya pembenihan benih ikan mas koki.

Pelajari juga: Lengkap! Budidaya Ikan Mas di Berbagai Kolam

Jika sekedar untuk ikan hias, kita bisa memilih yang kita inginkan, jantan atau betina. Nah, untuk membedakan indukan antara jantan dan betina pada ikan mas koki ini yang bisa dilakukan adalah ikan mas koki jantan memiliki tubuh yang ramping ketimbang ikan koki betina.

Ikan koki betina tubuhnya berbentuk tambun atau bulat. Selain itu, sirip pada ikan mas koki jantan terdapat bercak putih. Sementara ikan koki betina tidak memiliki bercak putih.

Selanjutnya kita bisa lihat dalam bentuk dubur ikan mas koki. Jika jantan bentuk duburnya oval dan rata. Sementara ikan koki betina bulat dan menonjol.

Langkah selanjutnya ketika sudah mengetahui jantan atau betina, kita bisa melihat apakah ikan mas koki sudah siap dalam berkembangbiak atau belum.

Cara yang paling mudah adalah dengan mengurut perut ikan mas koki jantan dan betina. Jika ikan koki jantan diurut caira sperma warna putih akan keluarh dari alat ekskresinya. Namun jika ikan koki betina akan menemukan cairan warna kuning.

Jika warna warna tersebut yang kita temukan pada ikan koki jantan dan ikan koki betina maka ini menandakan indukan koki telah siap berkembang biak.

Nah ketika berkembang biak seperti ini, langkah berikutnya adalah sebagai berikut:

Cara Mengawinkan Indukan Ikan Mas Koki

Selanjutnya adalah mengawinkan ikan mas koki. Ada beberapa cara. Pertama, dengan meletakan indukan ikan koki di dalam aquarium yang sudah diberikan tanaman, contohnya tanaman enceng gondok.

Fungsi tanaman enceng gondok pada budidaya ikan koki adalah memberikan rasa nyaman. Terlebih saat ikan mas koki kawin. Selain itu juga bisa dijadikan tempat untuk meletakan telur yang telah dibuahi ikan koki tersebut.

Diketahui, bahwasannya, satu ekor ikan mas koki jantan dapat membuahi sebanyak 2 ekor ikan mas koki betina. Pembuahan ikan mas koki ini disebut dengan pembuahan eksternal.

Cara Perawatan Anakan Ikan Mas Koki Setelah Menetas Dari Pembuahan

Selanjutnya yang harus dilakukan adalah perawatan. Bagaimana cara merawat anakan ikan mas koki? Anakan ikan mas koki bisa disebut dengan benih ikan mas koki?

Cara perawatannya cukup mudah. Pastikan telur ikan yang telah dibuahi akan menetas dan menjadi larva ikan dalam beberapa hari, ukuran tepatnya adalah 2-4 hari.

Yang perlu kita perhatikan, jika ada telur yang tidak menetas, maka langkah selanjutnya ambil telur telur tersebut dan pastikan tidak membusuk di aquarium. Hal ini untuk mengurangi kualitas air yang juga dapat membahayakan ikan mas koki.

Ini juga berkaitan dengan jumlah jumlah populasi ikan yang ada di dalam aquarium. Jika populasi meningkat, maka sebaiknya kita bisa menggunakan aerator dalam jumlah oksigen yang dapat mencukupi isi populasi ikan di dalam aquarium tersebut.

Diketahui juga, beberapa larva ikan yang menetas itu memiliki buntalan buntalan warna kuning, mirip seperti warna kuning telur. Dan itu posisinya berada di sekitar perut ikan,

Nah buntalan kuning tersebut adalah asupan makanan yang digunakan oleh ikan ikan mas koki tersebut untuk bisa memenuhi kandungan nutrisi dan gizi selama kurang lebih 4 hari setelah buntalan habis.

Jika habis, yang harus dilakukan adalah segera berikan pakan alternatif, pakan alternatif yang bisa diberikan adalah berupa kuning telur rebus.

Pakan ikan mas koki ketika dewsa tak jauh berbeda sepeti Pakan Ikan Mas Supaya Cepat Besar pada umumnya. Hanya saja, memang banyak lebih menggunakan pelet sebagai bentuk hemat waktu dan tenaga.

Namun kita setidaknya memperhatikan pola makannya. Dan berikan makanan ikan mas koki ini secukupnya. Setelah diberi makan, kontrol air. Jangan sampai pakan mencemari air dan menyebabkan ikan mas koki mati.

Tips Budidaya Ikan Mas Koki

Ada tips yang bisa kita pelajari dalam hal budidaya ikan koki ini. Caranya adalah yang pertama dengan menjaga kualitas air kolam.

Hal ini dikarenakan ikan mas koki merupakan ikan mas hias yang sensitif terhadap perubahan kadar oksigen. Maka itu, perlu kualita air yang baik dan tetap terjaga kualitasnya. Tidak berubah ubah.

Selain itu, yang harus kita lakukan adalah cukup dengan sering melakukan pergantian air di dalam kolam. Jika gunakan aquarium ganti air di dalam aquarium.

Cara yang mudah dan bisa dilakukan laihnya adalah jangan sampai dalam mengganti air mengurani nafsu makan ikan mas koki tersebut, akibat terusik dan stres. Untuk itu perlakuannya perlu hati hati.

Jika kesulitan, maka dibutuhkan alat bantu seperti aerator. Aerator dapat membantu meningkatkan kadar oksigen yang terlarut. Kita juga bisa menggunakan biofilter.

Hal ini untuk bisa memaksimalkan alat alat tersebut menghisap amonial. Sehingga dapat mengurangi oksigen dan menumbuhkan lumur lumur di aquarium.

Atau jika terlalut padat kolam, bisa mengurangi jumlah ikannya. Dan beri pakan yang tepat. Jangan sampai sisa dan meninggalkan banyak sisa makanan di dalam kolam atau aquarium.

Baca Juga: Makanan Ikan Nila : Dari Daun, Organik & Fermentasi

Makanan yang diberikan juga harus tepat. Dalam hal ini yang harus kita ketahui adalah, larva yang baru saja menetas akan memiliki gumpalan gumpalang berwarna kuning. Itulah cadangan makanan selama 3 sampai 4 hari kedepan setelah mentas.

Namun bagaimana jika gumpalan kuning itu habis? Cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan makanan yang berupa jentik jentik nyamuk.

Atau kita bisa menggunakan kutu air dalam satu bulan pertama. DAlam pemberian makanan alternatif tersebut, pastikan diberikan sedikit demi sedikit.

Berikan sebanyak enam kali sehari. Lakukan pemberian pakan ini selama enak kali sehari yakni pada jam 6 pagi atau pada jam 5 sore. Waktu kalau bisa jangan berubah.

Nah baru ikan mas koki hias yang besar dapat diberi pakan cacing darah atau cacing sutra. Kita bisa melakukan budidaya cacing sutra sendiri. Karena, cara budidaya cacing sutra cukup mudah.

Baru setelah benar-benar ikan koki dewasa, baru kita bisa berikan pakan ikan seperti pelet. Pelet yang diberikan tentunya pelet dengan kadar protein yang tinggi. Selain protein juga pastikan kandungan multivitamin dan mineral tercukupi.

Kaseto Efendi Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *