beternak lele

Cara Beternak Lele dan Prospek Bisnisnya

Cara Beternak Lele –¬†Salah satu usaha yang menghasilkan adalah beternak ikan lele. Ikan lele termasuk dalam kategori ikan konsumsi air tawar yang digemari masyarakat.

Lele merupakan ikan air tawar yang banyak terdapat di perairan umum seperti sungai, rawa, waduk, dan genangan air lainnya.

Usaha ternak lele saat ini tidak hanya sebagai mata pencaharian penduduk desa. Tetapi juga kerap dimanfaatkan sebagai pengisi waktu luang dihampir sebagian besar masyarakat kota.

Beternak lele pun tidak butuh tempat yang besar atau lebar. Karena beternak lele bisa menggunakan lahan sempit (perkotaan).

Kenapa banyak yang beternak lele? Jawabannya, karena prospek bisnis budidaya lele menjanjikan.

Permintaan pasar terhadap ikan lele sangat besar. Pasalnya, ikan air tawar yang satu ini juga lebih mudah dibudidaya dari pada ikan lainnya, seperti gurame, mas koi, patin, gabus, ataupun ikan lainnya.

Beternak kolam lele bisa dilakukan di kolam cemplung, kolam terpal, kolam tembok, maupun pada tanah dan aliran sungai yang diberikan jaring.

Tentunya beberapa metode beternak ikan lele tersebut sangat menjanjikan dan menguntungkan bagi peternaknya.

cara beternak lele dan prospek bisnisnya
cara beternak lele

Cara Beternak Lele, Cepat dan Untung

Cara beternak lele dengan tradisional memang masih banyak pilihan di kalangan peternak.

Maka, sebagian besar tidak bisa maksimal saat akan panen ikan lele. Beternak lele harus terus menggunakan beraneka inovasi baru.

Agar kita juga bisa mengetahui seberapa cepat dan hasil panen lebik atau tidak dari sebelumnya.

Saat akan beternak lele, kita harus mengetahui terlebih dahulu beragam jenis ikan lele yang ada di setiap daerah.

Seperti ikan lele lokal, sangkuriang, lele phyton, lele biasa, lele dumbo dan masih banyak ikan lele lainnya. Sebab, masing-masing ikan lele di setiap masyarakat cara budidaya atau cara beternaknya pun berbeda-beda.

Sebagian masyarakat, lebih menyukai beternak lele dengan cara menggunakan kolam terpal. Cara budidaya ikan lele melalui kolam terpal ini dikenal lebih modern.

Sebab, budidaya ikan lele kolam terpal lebih mudah dilakukan dan modal usaha yang digunakan tidak terlalu besar. Selain itu beternak ikan lele dengan kolam terpal bisa dilakukan di lahan yang sempit atau terbatas, namun tetap menghasilkan panen ikan lele berkali lipat.

cara beternak ikan lele dan prospek bisnisnya
cara beternak ikan lele dan prospek bisnisnya

Jika cara beternak lele secara modern dilakukan maka akan mempercepat hasil.

Untuk itu, langkah yang dilakukan untuk budidaya ikan lele secara modern harus dimulai dengan memilih jenis ikan lele yang mudah dalam pemeliharaan dan cepat panent.

Selain itu cepat besar dalam pertumbuhannya, misalkan ikan lele dumbo.

Ikan lele dumbo merupakan jenis ikan yang berkembang biak dan hidup normal di dalam kolam.

Meskipun kolam tersebut airnya kotor dan berbau. Ikan lele dumbo pun sangat tepat jika dilakukan di kolam terpal.

Prospek bisnis beternak ikan lele yang menjanjijakan

Adadapun prospek bisnis beternak ikan lele yang menyanjikan antara lain :

  1. Beli bibit ikan lele dumbo yang ukuran tertentu. Belilah dalam jumlah banyak dan kemudian dibesarkan hingga mencapai berat yang diinginkan.
  2. Menjual panen ikan lele dengan timbangan kiloan atau satuan.
  3. Alternatif dengan menjadikan ikan lele dumbo besar dan bagus untuk dijadikan indukan. Sehingga bisa dilakukan pembibitan melalui pemijahan sampai menghasilkan telur. Setelah telur ikan lele dumbo menetas maka akan menjadi bibit lele dumbo yang bisa dijual dikalangan peternakan pembesaran ikan lele. Harga satu ekor benih ikan lele ukuran satu centimeter di angka kisaran Rp 200. Untuk itu kita harus punya kolam khusus pembibitan.
  4. Usaha pembibitan ikan lele juga sama-sama untung besar seperti usaha pembesaran ikan lele untuk konsumsi.
  5. Ciptakan market kuliner ikan lele. Menjamurnya usaha rumah makan pecel lele, itu menandakan ikan lele masih menjadi pilihan santapan masyarakat luas.
  6. Perawatan lele sangat mudah.
  7. Tak butuh lahan yang luas. Dengan lahan sempit sudah bisa buka usaha ternak lele secara modern menggunakan kolam terpal dari plastik.
  8. Masa panen lele lebih cepat dari awal benih hingga besar siap konsumsi. Yang bisa dipanen kurang dari dua bulan. Sehingga lebih menguntungkan

Cara Beternak Ikan Lele Yang Baik dan Benar

Ada dua metode yang digunakan dalam beternak ikan lele yang bisa kita ikuti. Ini adalah cara yang sudah sangat umum. Dan sudah banyak yang menerapkannya. Di antaranya cara cara beternak tersebut adalah sebagai berikut:

1. Cara Beternak Lele di Kolam Terpal

Beternak ikan lele di kolam terpal harus sesuaikan jumlah ikan yang akan dibesarkan. Pada umumnya di kolam terpal ukuran 2 meter x 1 meter x 0,6 meter bagi 100 ekor ikan lele yang berukuran 5 cm sampai 7 cm.

Cara beternak lele di kolam terpal juga ada dua cara, yakni:

  1. Membuat kolam terpal dengan kerangka bambu atau kaya dengan terpal.
  2. Dengan cara menggali tanah sampai menyerupai kolam baru memasang terpal yang sudah disiapkan di dalamnya.

Ikan lele sangat aktif. Untuk itu pastikan pemberian air di kolam terpal jangan terlalu banyak. Hal tersebut juga akan memudahkan lele dalam mengambil oksigen ke atas permukaan.

Jangan lupa sediakan dedaunan atau rumpon tumbuh-tumbuhan untuk tempat bersembunyi ikan lele.

Ikan lele harus dikasih makan. Makan ikan lele berupa pelet. Pelet tersebut bisa didapatkan di toko pakan ikan terdekat. Kalau belum berubah harganya Rp8.500 per kg. Pemberian pakan pun harus tepat waktu dan teratur 2 x sehari.

Untuk memaksimalkan pemberian pakan, bisa juga ditambah pakan alami, seperti kerang, bekicot, keong mas, rayap, cacing, atau apapun untuk menunjang pertumbuhan ikan lele agar terus optimal dan panen cepat.

Lakukan penyortiran. Hal ini dikarenakan ikan lele pertumbuhannya berbeda-beda, ada yang cepat besar dan tidak. Sehingga, kita perlu memisahkan antara ukurang yang besar dan yang kecil.

Maka penting, dalam satu kolam ukuran ikan lele harus sama. Hal ini untuk memastikan penyamarataan dalam pemberian pakan. Karena jika ukuran berbeda tetap tercampur maka yang ukuran kecil akan susah bersaing untuk mendapatkan makan.

2. Cara pembesaran lele modern

Pembesaran ikan lele nyatanya bisa juga dilakukan di dalam ruangan. Dengan lahan yang sempit bisa juga menghasilkan keuntungan yang besar.

Selain itu dengan menggunakan pakan ikan lele organik. Misal, maggor black soldier fly ang bisa mendorong perkembangan ikan lele optimal dalam pertumbuhannya.

Pakan tersebut menghemat biaya pakan sampai 61 persen. Jadi, hanya butuh 10 persen biaya pakan pada biasanya.

Pakan maggot black soldier fly ini berupa larva belatung dari larva serangga. Namun yang digunakan ialah maggot black soldier fly yang berwarna hitam dan telah berusia dewasa atau umur tiga minggu.

Lalat dewasa juga bisa dijadikan pakan karena sejenis maggot black soldier fly dan turut mempercepat pertumbuhan lele. Pakan tersebut bisa ditemui di toko ataupun alam.

Baca Juga: Usaha Ternak Lele Rumahan, Modal Kecil Untung Besar

Dalam melihat prospek bisnis lele juga, perlu diperhatikan, analisa usaha ternak lele rumahan. Sebab lele ini adalah usaha yang bisa dimaksimalkan baik sekala rumahan maupun sekala industri besar.

Proses budidaya yang mudah, dan periode budidaya yang cepat tentunya menjadi salah satu prospek bisnis yang besar dan diminati. Selain analia-analisa usaha, silakan juga disimak alasan budidaya ikan lele. Bandingkan untung ruginya berikut ini:

Baca Juga: Untung Rugi Ternak Lele

Jika cara beternak ikan lele dilakukan dengan baik dan benar, serta tidak ada kendala, misalnya serangan penyakit, lalu harga jual bagus, maka prospek bisnis yang akan dijalankan tentunya akan untung besar.

Selain itu, setiap periode usaha berjalan dengan lancar. Untuk itu, ada banyak hal yang bisa kita pelajari dalam melaksanakan usaha ternak lele ini.

Itulah kesimpulan yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di lain artikel. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *