cara beternak ikan lele

Cara Beternak Ikan Lele di Kolam Terpal

Cara Beternak Ikan Lele di Kolam Terpal – Selama kurun waktu 2005-2017, pembangunan perikananan budidaya telah menunjukan hasil yang signifikan.

Hal ini dilihat dari berkembangnya banyak rumah makan yang menyediakan menu makanan budidaya perikanan. Terlebih ikan lele. Maka metode cara beternak lele saat ini menjadi hal yang paling penting untuk dipelajari.

Terlebih lagi, saat ini, volume permintaan ikan lele masih tidak sebanding dengan volume produksi. Untuk itu, masih perlu ditingkatkan usaha beternak ikan lele.

Nah, peningkatkan usaha produksi ini juga harus sebanding dengan hasil yang didapatkan. Dan salah satunya yang bisa menjadi alternatif dalam usaha atau budidaya ikan lele adalah beternak ikan lele di kolam terpal.

Hal ini juga berupaya dalam mendorong kualitas mutu, ketersediaan di pasaran yang diharapkan ikan cepat panen, efisiensi biaya produksi hingga mudahnya beternak ikan lele.

cara beternak lele di kolam terpal
cara beternak lele di kolam terpal

Maka dari itu, kita juga harus tahu bagaimana cara beternak ikan lele agar cepat panen dan mudah dengan biaya produksi yang rendah.

Cara budidaya ikan lele di kolam terpal juga menjadi pilihan dalam beternak lele dan mengetahui sebagaimana besarnya prospek bisnisnya. (Selengkapnya bisa di baca, Cara Beternak Lele dan Prospek Bisnisnya).

Cara Beternak Ikan Lele di Kolam Terpal.:

Beternak ikan lele di kolam terpal harus sesuaikan jumlah ikan yang akan dibesarkan. Pada umumnya di kolam terpal ukuran 2 meter x 1 meter x 0,6 meter bagi 100 ekor ikan lele yang berukuran 5 cm sampai 7 cm.

Cara beternak ikan lele di kolam terpal ada dua cara, yakni:

  1. Membuat kolam terpal dengan kerangka bambu atau kaya dengan terpal.
  2. Dengan cara menggali tanah sampai menyerupai kolam baru memasang terpal yang sudah disiapkan di dalamnya.

Ikan lele sangat aktif. Untuk itu pastikan pemberian air di kolam terpal jangan terlalu banyak. Hal tersebut juga akan memudahkan lele dalam mengambil oksigen ke atas permukaan.

Jangan lupa sediakan dedaunan atau rumpon tumbuh-tumbuhan untuk tempat bersembunyi ikan lele.

Ikan lele harus dikasih makan. Makan ikan lele berupa pelet. Pelet tersebut bisa didapatkan di toko pakan ikan terdekat. Kalau belum berubah harganya Rp8.500 per kg. Pemberian pakan pun harus tepat waktu dan teratur 2 x sehari.

cara beternak ikan lele di kolam terpal
cara beternak ikan lele

Untuk memaksimalkan pemberian pakan, bisa juga ditambah pakan alami, seperti kerang, bekicot, keong mas, rayap, cacing, atau apapun untuk menunjang pertumbuhan ikan lele agar terus optimal dan panen cepat.

Lakukan penyortiran. Hal ini dikarenakan ikan lele pertumbuhannya berbeda-beda, ada yang cepat besar dan tidak.

Sehingga, kita perlu memisahkan antara ukurang yang besar dan yang kecil. Maka penting, dalam satu kolam ukuran ikan lele harus sama.

Hal ini untuk memastikan penyamarataan dalam pemberian pakan. Karena jika ukuran berbeda tetap tercampur maka yang ukuran kecil akan susah bersaing untuk mendapatkan makan.

Baca Juga: Biaya Ternak Lele Kolam Terpal dan Analisa Keuntungannya

Selain memastikan tentang praktik budidaya atau beternak, biaya ternak lele kolam terpal juga patut dipertimbangkan. Hal ini sangat berguna dan bermanfaat bagi para pemula.

Jadi, cara budidaya ikan lele kolam terpal bagi pemula adalah menganalisa biaya ternak lele yang akan digunakan. Selain itu, baru bisa juga menganalisa tentang keuntungan ternak lelenya.

Misalnya saja ternak lele di kolam terpal 1000 ekor. Maka kita juga perlu analisa berapa besar keuntungan ternak lele 1000 ekor yang didapatkan.

Apalagi, kita sudah tahu gambaran bibit, alat yang akan digunakan, biaya pakan, dan perawatan, serta estimasi biaya pembuatan kolam terpal.

Baca : Estimasi Rincian Biaya Ternak Lele Kolam Terpal

Sehingga analisa usaha ini nantinya akan membantu metode apa yang akan digunakan dalam cara beternak ikan lele di kolam terpal. Ini juga berkaitan dengan omset budidaya ikan lele yang diperoleh.

Baca: Omset Budidaya Ikan Lele Ini Sangat Menggiurkan

Ukuran Kolam Terpal Lele

Nah ini juga menjadi satu bagian yang tak kalah penting dalam mempelajari pola cara beternak ikan lele di kolam terpal. Karena masing-masing benih yang ditebar akan membutuhkan kolam dan ukuran yang berbeda-beda.

Begitu juga ukuran untuk kolam lele 500 ekor, dan ukuran kolam lele 2000 ekor. Tentu berbeda dengan ukuran kolam terpal lele 1000 ekor.

Baca : Ini Dia Ukuran Kolam Lele 1000 Ekor Yang Ideal

Baca : Ukuran Kolam Lele 2000 Ekor Yang Harus Kita Ketahui?

Kalkulasi Ternak Lele di Kolam Terpal 2019

Terakhir yang bisa kita pelajari adalah tentang perhitungan usaha atau kalkulasi ternak lele. Di 2019 ini berikut yang bisa kita ketahui, baik tentang modal usaha maupun tentang keuntungan yang didapatkan.

Baca : Keuntungan Ternak Lele 1000 Ekor dan Modal Usahanya

Terakhir, untuk memaskimalkan, dan mengetahui apa saja yang menjadi faktor kegagalan dalam cara beternak ikan lele di kolam terpal yang baik dan benar adalah faktor untung rugi ternak lele itu sendiri.

Baca : Untung Rugi Ternak Lele

Itulah yang bisa kita pelajari tentang cara cara beternak ikan lele di kolam terpal. Semoga saja informasi ini bisa bermanfaat untuk kita. Sekian informasi yang bisa saya sampaikan. Terimakasih. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *