cara budidaya ikan mas koki

Budidaya Ikan Mas Koki di Kolam Terpal, Beton, & Sawah

Budidaya Ikan Mas Koki secara ekonomi sangat menguntungkan. Maka tak heran, ikan mas adalah salah satu jenis budidaya air tawar yang paling banyak dibudidayakan petani, baik budidaya pembenihan, pembesaran di kolam perkarangan seperti, kolam terpal, kolam beton, aquarium, bahkan di kolam air deras seperti sungai, dan bahkan di sawah.

Ikan Mas Koki adalah salah satu jenis ikan hias. Cara budidayanya tak jauh berbeda seperti ikan hias lainnya, dalam hal ini seperti cara budidaya ikan mas koi, ikan komet, ikan louhan, bahkan ikan cupang.

Mudahnya lagi, kita bisa budidaya ikan mas koki di kolam terpal. Bahkan, bisa juga sama seperti ikan mas, yakni dengan budidaya ikan mas di kolam beton bahkan melakukan teknik budidaya ikan mas di sawah.

Maka jika ada yang bertanya, apakah mudah cara budidaya ikan mas koki? Jawabannya mudah. Namun memang butuh perlakuan khusus. Perlakuan khusus ini yang membedakan dalam manajemen pemeliharaan ikan hias dan ikan konsumsi.

Contohnya saja, budidaya ikan nila, cara budidaya ikan lele, cara budidaya ikan gurame, dan jenis ikan lainnya, meski tak jauh berbeda teknik budidayanya dengan ikan mas koki, hanya saja, pada ikan mas koki membutuhkan perlakuan khusus.

Hal ini untuk memaksimalkan target pasar dan nilai jual ikan hias tetap terjaga. Apalagi ikan mas hias ras seperti ikan koki ini. Sebab jika tidak intensif dan diperhatikan dengan baik, ikan mas koki mudah mati.

Maka tak ada yang salah jika ada yang bertanya, kenapa ikan mas koki mudah mati? Jawabannya karena memang ada hal hal yang secara khusus harus kita perhatikan tentang pola kehidupannya.

Hal – Hal Yang Diperhatikan Dalam Budidaya Ikan Mas Koki

Dalam budidaya ikan mas koki ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, di antaranya adalah tentang adaptasi ikan koki dapat hidup.

  1. Ikan Mas Koki hidup dikisaran suhu 10 – 30 celcius
  2. PH Air Kolam Ikan Mas Koki 7 – 7.5.
  3. Rata-rata suhu dan PH Optimal yang diperlukan ikan Koki, yakni, pada suhu 24-28 derajat celcius dann PH 7.

Catatan perhatikan perubahan drastis suhu dan PH, jika ada perubahan drastis dan signifikan dikhawatirkan ikan koki mati.

Selain itu, ada beberapa hal lain yang patut diperhatikan. Di antaranya adalah ikan koki rentan penyakit. Maka yang perlu diperhatikan adalah, saat kondisi air kolam ikan koki yang digunakan kotor, maka cepat diganti.

Sebab, ikan koki buangannya banyak sehingga menyebabkan air kolam cepat kotor. Jenis ikan koki yang mudah terserang penyakit adalah Ranchu Top View. Selain kondisi air juga kerap mudah matih karena sensitif terhadap obat-obatan ikan.

Selain itu, ada hal hal yang harus dilakukan saat awal akan melakukan budidaya. Misalnya saja, saat proses pemijahan ikan mas koki. Ada penanganan khusus. Terlebih saat awal musim penghujan. Langkah-langkah yang bisa dilakukan sebagai berikut:

Proses Pemijahan Ikan Mas Koki Saat Musim Penghujan

  1. Diletakan ke dalam wadah berukuran 100 cm x 50 cm, dengan ketinggian air kolam 15 cm.
  2. Suhu dikisaran 28-30 derajat celcius, dengan kondisi PH netral, yakni sekitar 7.
  3. Proses pemijahan dilakukan dengan 1 betina yang usianya minimal 8 bulan, dan dengan 3 jantan yang usianya sama.
  4. Eceng gondok atau jumbut diletakan dalam kolam dengan memberikan tali plastik sebagai media untuk menempelnya telur.
  5. Dalam pemberian pakan cukup diberikan sebanyak 3 kali dalam sehari, dan diberikan selama 1-2 minggu.
  6. Selanjutnya tambahkan air setiap pagi hari, tinggi air 1 cm selama 1-2 minggu. Ini untuk menimbulkan efek hujan.
  7. Menggunakan aerator dengan kekuatan yang lemah. Jadi tidak kuat. Ini hanya untuk mendapatkan arus pada air.
  8. Pemijahan dilakukan saat subuh atau dini hari, dan telur akan tampak terlihat di pagi harinya.
  9. Jangan lupa untuk memisahkan induk dari telur, agar tidak dimakan oleh induknya sendiri.

Hal – Hal Yang Harus Dihindari Dalam Budidaya Ikan Mas Koki

Ada beberapa hal yang harus petani ikan mas koki hindarkan dalam proses budidaya. Di antaranya adalah:

  1. Jumlah ikan yang terlalu padat di kolam.
  2. Pemberian pakan ikan mas koki yang berlebihan
  3. Pemberian makanan ikan mas koki saat keadaan gelap ataupun di subuh hari
  4. Meletakan dekorasi kolam namun membahayakan keberlangsungan hidup ikan, contoh batu karang, barang barang dari tembaga, logam, dan barang kasar lainnya yang dapat mencemari air, sehingga berbahaya untuk ikan.
  5. Arus air yang dibuat terlalu kuat dan keras.
  6. Ikan koki dicampur ikan ikan agresif. Contohnya ikan lele.
  7. Adanya penggunaan bahan bahan kimia pada kolam, seperti obat-obatan pada akuarium.
  8. Lampu penerang 24 jam yang dapat memicu pertumbuhan lumur.
  9. Pakan alami ikan mas koki yang diberikan harus diseterilkan. Jadi, bisa direndam di larutan garam dan dicuci sampai bersih. Pakan yang kotor dapat membawa bibit penyakit untuk ikan mas koki.

Hal Yang Harus Dilakukan Dalam Budidaya Ikan Mas Koki

Selain hal yang tidak boleh dilakukan, berikut hal yang harus dilakukan, di antaranya adalah:

  1. Selalu mengecek kondisi air kolam ikan mas koki. Bahkan dilakukan pergantian ketika air mulai keruh.
  2. Cek ikan mas koki yang sakit. Lalu, pindahkan dari yang sehat atau dikarantina.
  3. Cara mengatasi ikan mas koki sakit, untuk penyakit stadium ringan bisa menggunakan garam ikan. Jangan kasih obat kimia. Kecuali petunjuk ahlinya.
  4. Selalu menjaga kebutuhan suhu dan ph sesuai prosedur.

Jenis Jenis Ikan Mas Koki

Untuk memaksimlkan budidaya ikan mas koki, memang kita perlu mengetahui apa saja jenis-jenis ikan mas koki yang bisa dibudidayakan di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Oranda
  2. Bubble Eye (Mata Balon)
  3. Pearl – Scale
  4. Lion – Head
  5. Ranchu

Ikan Mas Koki Termahal

Jenis jenis ikan mas koki di atas, di antaranya termasuk dalam harga ikan mas koki termahal. Berikut beberapa jenis ikan mas koki yang populer di Indonesia bahkan dunia dengan harga jual paling tinggi atau termahal:

  1. Ikan Mas Koki Calico : Jumlah warna ada lima dasar, dengan sisik transparan: hitam, putih, biru dan satu warna antara merah/cokelat/kuning/orange.
  2. Ikan Mas Koki Lion Head : Asal dari China, dan bertahan hidup 15 tahun bahkan lebih. Ikan baik dengan jenis ikan lainnya. Ciri utama ikan mas koki lion head karena ada tonjolan di atas kepalanya dan berenang lambat.
  3. Ikan Mas Koki Sisik Mutiara : Asal dari Jepang dan China. Tubuhnya bulat, sisiknya mengkilap, dan ada tonjolan dikepalanya. Ikan jenis lambat tapi ramah. Dapat tumbuh sepanjang 10-15 cm. Masa hidup 10 hingga 15 tahun.
  4. Ikan Mas Koki Sukiyu (Pompon) : seperti ikan mas Koki Lion Head, ada jaringan menyerupai kumis dibagian mulutnya. warna ikan seperti kaliko (panca warna), merah, merah putih.
  5. Ikan Mas Koki Bubble Eye : bola matanya besar. Ukuran tubuhnya bulat dan tambun, gerakannya tidak lincah dan lambat.
  6. Ikan Mas Koki Ranchu : jenis ikan mas koki paling populer, dan selalu menjadi bintang kontes. Salah satu ikan primadona di banyak negara, seperti, Jepang, Thailand, Chinga, dan Indonesia.

Harga rata-rata ikan mas koki di atas, harga terendahnya adalah Rp600 ribuan per ekor dengan ukuran ikan 8 cm.

Cara Budidaya Ikan Mas Koki di Aquarium

cara budidaya ikan mas koki
Cara Budidaya Ikan Mas Koki

Ada beberapa cara yang harus kita ketahui dalam budidaya ikan mas koki di aquraium. Tentunya dalam hal ini metoe pemeliharaan dan perawaran di dalam aquarium atau disebut dengan metode indoor.

Hal yang patut diperhatikan adalah sebagai berikut:

  1. Filter = kapas, bioball, zeolit atau arang. Jenis jenis bahan untuk aquarium tersebut sangat diperlukan dalam budidaya di aquarium.
  2. Aerator juga salah satu bahan pada aquarium yang sangat diperlukan dalam melakukan pemeliharaan ikan mas koki.
  3. Jika ingin mendekorasi kolam aquarium, jangan tanaman hidup, sebab, ikan mas koki suka memakan tumbuhan, apalagi daun yang kecil. Maka yang bisa dijadikan dekorasi adalah tanaman plastik, atau tanaman yang berbatang keras dan berdaun besar untuk penggunaan tanaman asli.
  4. Di dalam kolam aquarium diperlukan lampu.
  5. Penggantian air dalam pemeliharaan ikan mas koki di aquarium dilakukan 2 minggu sekali, yakni, sebanyak 20-30% air bersih.

Cara Budidaya Ikan Mas Koki di Kolam Terpal dan Kolam Beton

Selain itu, pemeliharaan ikan mas koki bisa juga dilakukan di media kolam terpal dan di media kolam beton. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk selalu disiapkan di kolam budidayanya, di antaranya adalah:

  1. Filter bertingkat di kolam terpal atau kolam beton, pastikan ada kapas, lava rock atau bioball atau ceramic ring, lalu zeolit atau penggantinya arang. Jika tanpa penggunaan filter pada kolam, yang harus dilakukan adalah kondisi air yang sering sering dilakukan pengkontrolan dan penggantian. Lakukan hal ini sebanyak 2 kali seminggu 20%.
  2. Aerator dalam media kolam outdoor baik di kolam terpal maupun beton bisa digunakan bisa tidak. Namun pastikan kolam terdapat riak atau arus air pada permukaan atau dibuat air mancur agar terjadi kontak di antara air dengan udara. Selain itu, perhatikan juga kepadakan tebar ikan. Hal ini untuk memaksimalkan mendapatkan oksigen dan tidak berebut.
  3. Hal selanjutnya, kita bisa menutup kolam dengan seng plastik. Hal ini untuk memastikan ikan tidak terkena matahari secara langsung. Hal ini untuk mencegah kenaikan suhu yang drastis pada siang hari, dan perubahan PH yang drastis pada musim penghujan juga perlu diperhatikan.
  4. Lakukan pergantian air selama satu bulan sekali, kira kira banyaknya air yang diganti adalah 30%. Hal ini tujuannya untuk menekan akumulasi nitrit.
  5. Kolam dibersihkan setiap 3 bulan sekali. Bersihkan kolam dari lumut. Caranya dengan menyikat dinding dinding yang kotor dan berlumut.

Cara Budidaya Ikan Mas di Kolam Tadah Hujan

Untuk cara di atas juga bisa menjadi pertimbangan untuk melakukan buidaya ikan mas koki. Namun perlu diperhatikan perubahan suhu dan PH air dalam kolam yang digunakan untuk kolam tadah hujan.

Kolam tadah hujan ini biasanya bisa menggunakan area sawah dan sungai atau aliran air deras. Namun untuk sawah perhatikan tingkat kotor kolam.

Sebab, ikan mas koki rentan penyakit di kolam air yang kotor, sehingga dapat menyebabkan kematian. Untuk itu, penggunaan media kolam juga patut diperhitungkan.

Kecuali untuk ikan mas konsumsi yang masih dapat dilakukan dengan penggunaan media media seperti yang kita jelaskan di bagian ini. Baca juga: Sistem Budidaya Ikan Mas di Kolam Air Deras.

Cara Pemberian Pakan Ikan Mas Koki

Dalam pemberian makanan ikan mas koki juga ada tata cara dan analisanya. Ini juga berkaitan tentang analisa usaha budidaya ikan mas koki. Terkait untung rugi ternak ikan mas koki, dan juga terkait biaya pengeluaran dan berapa target produksi.

Adapun tata cara pemberian pakan ikan mas kokinya adalah sebagai berikut:

  1. Pakan alami seperti kutu air disaring untuk burayak, diberikan sebanyak 4-5 kali sehari.
  2. Ikan mas koki dapat diberikan cacing rambut, atau cacing darah atau cacing merah. Pemberian cacing ini untuk koki dewasa 2 kali sehari.
  3. Pemberian pelet juga sama seperti pemberian cacing rambut atau cacing darah atau cacing merah, yakni untuk ikan koki dewasa sebanyak 2 kali sehari.
  4. Pemberian jentik nyamuk saat pemijahan benih ikan koki di umur 8 bulan ke atas, pemberiannya 3 kali sehari.\

Catatan dalam memberikan makanan ikan mas koki perhatikan pola makan, kalau bisa sekali habis. Jadi secukupnya saja yang dapat dihabiskan dalam 5 menit. Sehingga tidak mengotori air.

Selain itu, pemberian pakan ikan mas koki secara berlebihan juga dikhawatirkan dapat menimbulkan gangguan gelembung renang atau ikan berenang terbalik.

Cara Budidaya Ikan Mas Koki Untuk Pemula

Sementara untuk pemula ada beberapa cara budidaya yang bisa kita lakukan, di antaranya adalah dengan menggunakan media aquarium.

Di atas, secara singkat sudahy kita bahas, apa saja yang menjadi ketentuannya, berikut hal yang harus kita lakukan dalam merawat atau memelihara ikan mas koki di aquarium:

  1. Siapkan aquarium berukuran panjang 80 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 40 cm.
  2. Jenis ikan mas koki yang digunakan jantan dan betina jika ingin beternak ikan mas koki atau ingin mengawinkan ikan mas koki.

Nah dari dua hal di atas, kita lebih membahas kepada ikan mas koki jantan dan betina:

Cara Membedakan Ikan Mas Koki Jantan dan Betina Untuk Indukan

Adapun cara membedakan jantan dan betina pada ikan mas koki adalah dengan melihat ciri fisik pada tubuhnya:

  1. Ikan mas koki jantan memiliki tubuh ramping
  2. Ikan mas koki betina bentuk tubuhnya tambun atau bulat.
  3. Sirip ikan mas koki jantan bercak putih.
  4. Sirip ikan mas koki betina tidak memiliki bercak putih.
  5. Bentuk dubur ikan mas koki jantan ovat dan rata.
  6. Bentuk dubur ikan mas koki betina bulat dan menonjol.
  7. Ikan mas koki jantan jika diurut terlihat cairan sperma warna putih keluar dari alat ekskresi.
  8. Ikan mas koki betina terlihat saat diurut atau ditekan pada perutnya cairan warna kuning. ciri keduanya itu, menandakan ikan mas koki siap berkembangbiak.

Cara Mengawinkan Ikan Mas Koki dan Perawatannya

Selanjutnya yang perlu dipelajari adalah tentang bagaimana cara mengawinkan indukan ikan. Cara mengawinkannya secara sekilas sudah dibahas di atas, yakni dengan media kolam atau akuarium yang diberikan tanaman eceng gondok.

Hal ini adalah upaya memberikan kenyamanan pada ikan mas koki untuk kawin dan meletakan telur ikannya yang telah dibuahi. Dan bahkan dua ekor ikan mas jantan dapat membuahi dua ekor ikan mas koki betina.

Selanjutnya pada tahap merawan anakan ikan mas koki, larva akan terlihat dalam 2-4 hari. Telur yang tidak menetas diambil agar tidak busuk dan mengurangi kualitas air.

Antisipasi peningkatan populasi di akuraium, pastikan menggunakan aerator agar jumlah oksigen terlarut dan dapat mencukupi seluruh populasi ikan yang ada di aquarium.

Larva ikan yang sudah menetas terdapat buntalan kuning yang mirip dengan kuning telur di sekitar perutnya. Buntalan tersbut merupakan makanan yang digunakan ikan untuk memenuhi nutrisi selama kurang lebih 4 hari setelah buntalan habis maka kita perlu memberikan makanan seperti kuning telur rebus.

Pemberian kuning telur rebus ini secukupya. Dan selalu kontrol kondisi air setelah diberi makanan untuk mencegah kematian karena kotor setelah memberi makan.

Tips Merawat Ikan Mas Koki

Ada beberapa tips merawat ikan mas koki di antaranya adalah :

  1. Menjaga kualitas air agar ikan tak stress.
  2. Menggunakan induk ikan mas koki yang berkualitas.
  3. Suhu kolam disarankan 18-20 derajat celcius.
  4. Pemberian makanan ikan mas koki yang tepat.

Baca Juga: Lengkap! Budidaya Ikan Mas di Berbagai Kolam

Nah itulah hal hal yang bisa kita ketahui tentang bagaimana cara budidaya ikan mas koki di berbagai jenis kolam, di atas kita juga sudah mempelajari bagaimana jika budidaya dilakukan di kolam terpal, kolam beton, bahkan kolam sawah dan air deras.

Dengan beberapa metode di atas, ayobudidaya.com mencoba memberikan beberapa pilihan mana saja budidaya yang paling mudah dilakukan.

Karena apa? Dalam fase budidaya juga hal yang patut dipertimbankan buka hanya sistem pembudidayaannya saja, melainkan juga prospek budidaya, dan hasil yang akan didapatkan. Tentunya dalam hal ini pertimbangan untuk rugi beternak ikan mas koki.

Demikianlah yang bisa kita pelajari, dan simak informasi-informasinya. Semoga dengan informasi di atas dapat bermanfaat untuk kita semua. Sekian, terimakasih. Salam.

Kaseto Efendi Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *