cara budidaya ikan lele di kolam tanah

Budidaya Ikan Lele di Kolam Tanah? Ini Cara Jitunya

Cara budidaya ikan lele di kolam tanah tidaklah terlalu rumit. Hal ini bisa siapapun lakukan. Termasuk cara budidaya ikan lele bagi pemula. Kendati demikian memang kita sebagai peternak ikan lele juga harus bisa memahami tanah yang baik untuk kolam pemeliharaan budidaya ikan lele seperti apa?

Lalu pertanyaan selanjutnya agar berhasil dalam budidaya ikan lele di kolam tanah yang harus diperhatikan adalah kelebihan dan kekurangan kolam tanah untuk budidaya lele. Karena memang ada beberapa kritera yang dianggap sebagai tanah yang baik untuk budidaya ikan lele.

Selain itu, ketika berbicara usaha pembesaran ternak lele, maka kita sudah biasa melihat banyaknya aktifitas budidaya ikan lele di kolam terpal. Dan dalam teknik budidaya pun tidak jauh berbeda dari segi perlakuan antara beternak ikan lele di kolam terpal dengan cara budidaya ikan lele di kolam tanah.

Namun untuk menguatkan argumentasi dan pemahaman kita tentang budidaya lele di kolam tanah maka artikel berikut ini dinilai tepat untuk dipelajari. Karena dengan memahami ini kita juga akan mengetahui apa saja teknik jitu dalam budidaya lele di kolam tanah. Baik itu budidaya ikan lele sangkuriang di kolam tanah, maupun analisa budidaya lele kolam tanah.

Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Tanah

Melakukan usaha pembesaran ikan lele di kolam tanah adalah salah satu cara praktis yang bisa dilakukan semua orang. Artinya modal usaha yang dibutuhkan untuk media kolam tidak terlalu besar. Hanya butuh tanah. Namun, diharapkan tanah yang dimiliki luas. Untuk lebih detilnya kita baca 5 hal rinci tentang apa saja yang dibutuhkan dalam budidaya ikan lele di kolam tanah berikut ini :

1. Media Kolam Budidaya lele

Dalam memilih media kolam, tidak hanya sekedar tanah dilubangi dibentuk menjadi kolam. Yang harusnya diperhatikan adalah menyiapkan lokasi kolam di antara ataupun yang ada pohon besar yang tumbuh. Lokasi kolam yang baik untuk kolam tanah adalah setidaknya ada sedikitnya tanaman ataupun pohon besar yang tumbuh disekitarnya.

Cara Pembuatan Kolam Tanam untuk Ternak Lele

Ada beberapa langkah dalam pembuatan kolam tanah untuk ternak lele, yakni, tahapannya :

  • Pertama, tentunya bersihkan sekitar lahan yang akan dijadikan media budidaya lele.
  • Menggali lubang, lalu ukurlah sebidang tanah sesuai dengan kebutuhan, dan untuk kedalamannya sekitar 90 hingga 120 cm.
  • Setelah itu biarkan tanah pada kolam mengering hingga retak- retak. Hal ini dinilai penting untuk menghilangkan sebagian zat ataupun logam yang ada dalam tanah.
  • Selanjutnya tanah retak- retak, anda sudah bisa mulai untuk melakukan penggemburan tanah menggunakan cangkul. Selain itu, sebelum digunakan, tanah diharuskan untuk melakukan proses pengapuran agar pH tanah seimbang dan baik bagi kelangsungan hidup lele.
  • Perhatian! Lele tidak suka dengan kondisi tanah yang terlalu asam. Mengatasi hal ini, anda bisa menaburkan jenis kapur tohor selama 7 hari.
  • Jika proses pengapuran selesai, berikan pupuk kandang berupa kotoran ternak yang sudah mengering di atas tanah kolam ikan lele yang akan digunakan.
  • Jangan lupa untuk memadatkan agar kotoran menyatu dengan tanah. Ini upaya untuk memberikan ternak lele mendapatkan nutrisi alami berupa cacing dan fitoplankton.
  • Tahapan selanjutnya mengisi kolam dengan air hingga mencapai ketinggian kurang lebih 50 hingga 70cm, dan biarkan selama 5 hingga 7 hari agar cacing dan fitoplankton berkembang biak dan hidup di dasar kolam ikan lele yang sudah dibuat.
  • Terakhir, mengisi air kolam dengan ketinggian 80 hingga 110 cm dan disesuaikan dengan ukuran kolam dan jumlah ikan yang dibudidayakan.

2. Cara Memilih Bibit Lele

Cara memilih bibit lele ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Atau anda bisa budidaya bibit lele sendiri. Ikuti petunjuk cara mudah budidaya bibit lele ini. Jika anda berhasil melakukan bibit lele sendiri, artinya anda sudah bisa menentukan mana bibit lele yang berkualitas baik dan tidak. Jadi tidak asal melakukan pembesaran ikan lele.

Ciri-Ciri Bibit Lele yang Baik

Adapun kriteria bibit lele yang baik adalah selalu bergerak aktif dan tidak bisa diam. Selain itu bibit lele tidaklah cacat dari ujung kepala hingga ekor. Selanjutnya, pastikanlah bibit lele selalu aktif untuk melakukan oksigenasi. Hal ini juga sebagai tanda bahwa bibit lele yang akan digunakan sehat dan tidak sakit. Selain itu, pastikan jika akan budidaya lele, warna bibit yang akan digunakan sama antara satu dengan yang lainnya.

3. Teknik Tebar Bibit Lele

Kita pun harus mengetahui, bagaimana teknik atau cara tebar bibir lele yang benar. Karena menebar bibit lele di kolam tanah sama halnya menebar bibit lele di kolam terpal, dan cara yang digunakan harus dengan benar. Jika tidak, ikan lele bisa stres dan justru budidaya akan gagal.

Perlu diingat, bahwa bibit lele tidak bisa langsung ditebar begitu saja. Untuk itu, kita harus mempelajari informasi berikut ini, tentang teknik tebar bibit lele.

  • Pastikan dulu bahwa benih lele yang didapatkan merupakan benih yang sudah siap ditebar tanpa harus melakukan pemindaian terlebih dahulu.
  • Adapun ciri dari bibit yang siap tebar yaitu ukuran bibit sudah mencapai panjang 2 hingga 5 cm.
  • Setelah itu sediakan wadah berupa ember dan air yang bersih, sebelum ditebar anda harus membersihkan bibit lele terlebih dahulu. Caranya dengan memasukkan bibit ke dalam air bersih selama 40 hingga 60 menit. Ini bertujuan agar semua zat berbahaya pada bibit lele hilang.
  • Lalu pindahkan bibit lele selama 10 menit ke dalam sebuah wadah yang telah anda isi dengan sebagian air kolam agar bibit lele anda dapat mudah beradaptasi di kolam.
  • Selanjutnya anda bisa mulai menebarkan lele ke dalam kolam tanah yang sudah anda siapkan. Lakukanlah penebaran secara hati- hati agar bibit tidak stress.

4. Cara Pemeliharaan Ikan Lele di Kolam Tanah

Pada cara pemeliharaan ikan lele di kolam tanah ini memang tidaklah jauh berbeda dengan pemeliharaan ikan lele di kolam beton maupun kolam terpal. Namun, ada beberapa hal yang tidak kalah penting yang perlu kita lakukan dengan baik dan benar. Namun, meski terkesan merepotkan, sebenarnya pemeliharaan ikan lele di kolam tanah adalah salah satu cara budidaya ikan lele di kolam tanah yang sangatlah mudah dan sederhana, bahkan tidak mengeluarkan biaya dan tenaga yang tinggi.

Berikut ini, tahapan untuk mempermudah dalam pemeliharaan ikan lele di kolam tanah :

  1. Pastikan memberi pakan yang berkualitas dan baik. Jangan berikan pakan lele dengan pakan ikan asalan.
  2. Catat! Pakan lele yang baik memiliki kandungan protein, lemak, karbohidrat serta kandungan vitamin dan mineral yang lengkap. Lihat di kertas petunjuk pakan. Dan jika semakin banyak jumlah kandungannya maka pakan tersebut semakin baik digunakan.
  3. Selain pakan dari kemasan, berikan pakan tambahan seperti sayur hijau. Untuk sayur hijau yang anda berikan jangan lupa untuk memotongnya terlebih dahulu menjadi bagian- bagian kecil agar lele mudah mencernanya.
  4. Selain sayur, anda juga bisa memberikan berbagai macam makanan tambahan lain seperti ikan dan keong sawah yang sudah dicincang. Untuk pemberian pakannya sendiri anda bisa memberikannya sebanyak 3 kali pada pagi, siang, dan sore hari.

5. Cara Panen Ikan Lele di Kolam Tanah

Pemanenan ikan lele adalah salah satu langkah terakhir dalam budidaya ikan lele. Adapun cara paneh ikan lele pada budidaya ikan lele di kolam tanah adalah ketika lele berumur 90 hari sejak bibit ditebar.

Baca : Cara Beternak Lele dan Prospek Bisnisnya

Cara panen lele di kolam tanah yang tepat sebagai berikut :

  • Dalam melakukan pemanenan dan untuk mempermudah maka anda bisa membuang sebagian air yang ada di kolam dengan menggunakan pompa sedot air maupun dengan ember.
  • Jangan lupa, menggunakan sarung tangan serta peralatan seperti jarring agar tangan tidak terluka saat menangkap ikan.
  • Setelah itu anda bisa memanennya dan anda juga bisa menyortir lele mana yang akan di jadikan indukan, dijual dan dikonsumsi sendiri.

Nah, sahabat ayobudidaya.com itulah cara mudah dalam budidaya ikan lele di kolam tanah yang bisa kita lakukan. Cara ini berlaku juga untuk semua jenis ikan lele, termasuk budidaya ikan lele sangkuriang di kolam tanah, dan caranya tidak jauh berbeda dengan pembesaran ikan lele di kolam terpal. Semoga artikel ini bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan kita. Aamiin.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *