budidaya ikan gurame di kolam tembok

Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok, Berikut Caranya

Budidaya ikan gurame di kolam tembok adalah salah satu metode budidaya yang bisa kita gunakan. Keuntungan penggunaan kolam tembok adalah manajemen kolam yang mudah.

Misalnya saja pada proses pengeringan, pengapuran dan pemupukan, serta pemeliharaan kolam. Karena berbicara budidaya, tak sekedar tersedianya kolam, ikan diberi makan, dan menunggu masa panen.

Tapi ada banyak tahapan dan proses yang harus kita lakukan. Namun, tenang, tahapan dan proses ini tak seribet yang kita pikirkan. Ada beberapa hal yang cukup memudahkan.

Bahkan cara budidaya ikan gurame di kolam tembok ini juga sama halnya dengan budidaya ikan gurame di kolam terpal.

Namun tentunya baik ukuran kolam ikan gurame, dalam tahapan budidaya ikan gurame di kolam kecil atau besar, setidaknya kolam ikan gurame yang baik dan sesuai ukuranlah yang harus kita gunakan.

Coba simak artikel sebelumnya yang telah dipublish tentang ukuran kolam gurame yang ideal berikut: Baca : Ukuran Kolam Gurame 1000 Ekor Yang Ideal.

Tips dan Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok

budidaya ikan gurame di kolam tembok
Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok | Ilustrasi

Berbicara budidaya, sebenarnya budidaya gurame dibagi menjadi 3 bagian utama, ini disebabkan pertumbuhan gurame yang lambat. Ketiga bagian tersebut adalah:

  1. Pembibitan : Pembudidaya menyiapkan induk gurame (jantan dan betina) untuk dipijahkan (bertelur).
  2. Pendederan : Pembudidaya menetaskan telur menjadi larva hingga gurame dengan ukuran tertentu, biasanya ukuran 125 gram / ekor atau 8 ekor per kg.
  3. Pembesaran : Pembudidaya membesarkan gurame dari ukuran 125 gram per ekor menjadi 400 gram hingga 1 kg per ekor, umumnya disebut sebagai ukuran konsumsi.

Nah, pada umumnya pembudidaya gurame dapat memilih ketiga bagian tersebut atau memilih salah satu bagian saja, biasanya berhubungan dengan luas lahan dan kemampuan budidaya.

A. Pembibitan Ikan Gurame

Pertama, yang bisa kita pelajari adalah terkait pembibitan ikan gurame. Pembibitan ini sama halnya dengan pembenihan. Artinya, menyediakan benih ikan gurame yang akan digunakan untuk periode berikutnya.

Dalam hal ini adalah dari persiapan induk gurame baik jantan maupun betina yang siap untuk dipijahkan atau bertelur. Caranya simak artikel berikut: Pembenihan Ikan Gurame, Ini Cara dan Kolamnya.

Biasanya dalam hal ini juga kita akan membahas cara mengawinkan ikan gurame di kolam beton maupun media kolam lainnya. Bahkan, hal hal lain yang harus dilakukan.

Dan berikut ini Cara Pemijahan Ikan Gurame Yang Mudah Dilakukan yang bisa kita lakukan. Tahapan tahapan selanjutnya yang bisa kita pelajati.

B. Pendederan Ikan Gurame

Dalam pendederan ikan gurame ada banyak cara yang bisa dilakukan, di antaranya dengan beberapa teknologi terapan yang kerap digunakan pembudidaya ikan gurame.

Selain itu, juga kita perlu melakukan persiapan bak pendederan, dan kolam pendederan pun harus sesuai. Dalam hal ini adalah proses penetasan ikan gurame yang membutuhkan waktu selama 24-48 jam. Inipun tergantung suhu media penetasan.

C. Pembesaran Ikan Gurame

Nah terakhir, yang akan kita bahas secara detil, yakni tentang bagaimana cara budidaya ikan gurame di kolam tembok. Dalam hal ini pembudidaya gurame melakukan pembesaran ikan gurame di kolam tembok atau kolam beton atau kolam bak semen.

Hal hal yang perlu kita lakukan dalam budidaya ikan gurame di dalam kolam tembok ini perlu memperhatikan hal hal berikut:

  1. Penebaran benih
  2. Pakan dan perawatan
  3. Lama pembesaran.

Budidaya gurame di kolam tembok dilakukan jika lahan terbatas. Namun metode budidaya dan pembesaran berikut ini relatif lebih terkontrol dibandingkan dengan budidaya ikan gurame di kolam keramba jaring apung atau budidaya ikan gurame di kolam tanah.

Ukuran bak semen 4 x 4 meter sudah bisa menjadi kolam tembok untuk budidaya gurame. Tingginya sekitar 1,75 emter dengan tinggi air 150 cm.

Pemakaian bak yang lebih kecil dapat membahayakan kondisi gurame karena akan berebut pakan dan oksigen dengan gurame lainnya. Selain itu, tubuh gurame dapat rusak. Hal ini karena kerap terjadi gesekan antar dinding kolam.

Selanjutnya beberapa langkah yang harus dilakukan dalam budidaya ikan gurame di kolam tembok ini di antaranya adalah:

A. Cara Menebar Benih Gurame di Kolam Tembok

Terkait cara penebaran benih ikan gurame di kolam tembok yang dilakukan adalah waktu yang tepat. Waktu yang tepat melakukan tebar benih ikan gurame dilakukan pada pagi atau sore hari.

Intinya adalah memastikan cuaca teduh dan suhu stabil. Padat tebar benih 7 ekor per m2 untuk benih ukuran 100 gram per ekor. Selama masa pemeliharaan, benih diberi pakan berupa pelet yang mengandung 25-30 % protein.

Pakan tersebut diberikan dengan dosis 3% dari total bobot benih. Pemberian pakan dilakukan secara bertahap saat pagi, siang dan sore hari. Jika ikan gurame masih terlihat ingin makan, pemberian pakan ditabah intensitasnya.

B. Pemberian Pakan dan Perawatan Ikan Gurame di Kolam Tembok

Pakan ikan gurame sebaikanya diberikan sedikit demi sedikit. Hal ini dimaksudkan supaya dapat disantap dengan baik pula oleh ikan gurame.

Gurame yang telah kenyang biasanya akan meninggalkan lokasi penebaran pakan. Selain pelet, gurame juga dapat diberi pakan tambahan berupa daun talas, daun singkong, daun pepaya, daun genjer, atau daun kangkung.

Kebersihan kolam harus dikontrol dengan baik untuk mencegah hama dan penyakit yang dapat mengganggu kesehatan ikan. Ikan yang terserang penyakit segera dipisahkan di kolam karantina dan segera diobati.

Lama pembesaran ikan gurame di kolam tembok sama seperti di budidaya ikan gurame di kolam tanah, untuk menghasilkan gurame sebesar bungkus rokok atau 10-12 ekor per kg dibutuhkan waktu 75 – 100 hari.

Benih sebesar ini sudah dapat dipanen dan dijual atau dibesarkan lagi sampai 90 – 100 hari hingga mendapatkan gurame konsumsi ukuran 500 gram per ekor. Pemanenan gurame di kolam tembok sama dengan pemanenan di kolam tanah.

Baca Juga: Jenis Jenis Ikan Gurame: Ciri-Ciri, Ukuran & Warna Ikan

Itulah informasi yang bisa kita dapatkan tentang tata cara budidaya ikan gurame di kolam tembok secara sederhana, dan mudah. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Sekian. Terimakasih.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *