Biaya Ternak Lele Kolam Terpal

Biaya Ternak Lele Kolam Terpal dan Analisa Keuntungannya

Biaya Ternak Lele Kolam Terpal – Kali ini kita akan mempelajari tentang estimasi biaya pembuatan kolam terpal dan analisa budidaya ternak lele? Hal ini tentunya akan berdampak pada estimasi yang akan dikeluarkan dalam budidaya ternak lele kolam terpal pemula.

Misal berapa biaya pembuatan kolam terpal ikan lele, dan jika menggunakan 1.000 ekor benih lele, berapa analisa budidaya lele 1000 ekor yang harus dikeluarkan dan didapatkan.

Selain itu, apakah hitungan tersebut bisa dilakukan untuk usaha ternak lele rumahan. Dan bagaimana dengan ternak lele kolam terpal tebar padat, apakah sama biaya yang dikeluarkan atau tidak dengan biaya ternak lele kolam terpal yang harus dikeluarkan.

Maka perhitungan secara tepat tentang biaya ternak lele kolam terpal juga sangat diperlukan, harus diperhitungkan matang, karena dari situlah kita akan mengetahui tentang untung rugi ternak lele.

Jadi benar-benar analisa beternak lele diperhitungkan, apakah peternak atau pemula sedang melakukan usaha ternak lele rumahan atau tidak.

Sebab, seperti yang kita ketahui, salah satu bisnis budidaya yang masih memiliki banyak peluang adalah bisnis budidaya ternak lele. Baik pembibitan ikan lele maupun budidaya pembesaran ikan lele.

Hal ini tentunya karena faktor pola konsumsi masyarakat yang tinggi. Sehingga banyak sekali rumah makan, baik lesehan maupun permanen yang menghindangkan lele sebagai menu makanan yang sudah dikenal oleh masyarakat.

Dengan banyaknya permintaan, tak salah ternak lele juga menjadi usaha ternak lele rumahan yang banyak dilakukan masyarakat di Indonesia.

Untuk itu, hal-hal sederhana seperti biaya ternak lele kolam terpal bisa menjadi refrensi dan solusi bagi pelau ternak lele kolam terpal pemula untuk bisa terus melakukan usaha ternak lele rumahan.

Baca: Ukuran Kolam Lele 2000 Ekor Yang Harus Kita Ketahui?

Baca: Ini Dia Ukuran Kolam Lele 1000 Ekor Yang Ideal

Biaya Ternak Lele Kolam Terpal

Nah, untuk itu, kali ini ayobudidaya.com akan menjelaskan tentang biaya ternak lele kolam terpal yang harus dikeluarkan peternak dalam melakukan budidaya ikan lele.

Kenapa kolam terpal? Padahal ternak lele itu dapat dijalanan dengan tiga macam jenis kolam ikan? Yak benar sekali. Jadi selain kolam terpal, ada juga kolam tanah dan kolam beton sebagai kolam permanen.

Nah, kenapa ternak lele di kolam terpal, hal ini dikarenakan menurut admin adalah yang paling mudah dan murah untuk melaksanakan budidaya pembesaran ikan lele. Jadi bisa dilakukan dengan modal terbatas. Cek selengkapnya pada rincian biaya ternak lele kolam terpal berikut ini:

Catatan: Ini adalah gambaran biaya ternak lele di kolam terpal pada tahun 2016. Untuk tahun 2018, 2019, 2020 dan tahun selanjutya harus disesuaikan dengan harga komponen yang dijual pada tahun tersebut. Sebab harga terus berubah.

Modal Awal Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

Modal Investasi Awal Ternak Lele

  • 2 buah terpal ukuran Rp600.000,00
  • Bambu Rp300.000,00
  • Paku 1 kg Rp 10.000,00
  • Lain-lain Rp 40.000,00
  • Total Rp950.000,00

Biaya Operasional Ternak Lele Per Bulan

  • Bibit 2.000 ekor Rp500.000
  • Pakan Rp500.000
  • Vitamin obat dll Rp100.000
  • Total Rp1.100.000

Analisa Budidaya Lele

  • Pendapatan asumsi panen lele total 500 kg dengan kematian sebesar 10% dengan harga Rp10.000,00/kg Rp5.000.000,00
  • Keuntungan pendapatan biaya operasional bulanan Rp5.000.000,00 -Rp1.100.000,00 = Rp3.900.000,00

Nah, itulah biaya ternak lele kolam terpal dan analisa keuntungan ternak lele kolam terpal. Namun sebagai catatan itu estimasi pada tahun 2016, dan itu adalah keuntungan pada panen pertama. Sehingga, semua perhitungan harus disesuaikan dengan kondisi setiap daerah.

Baiklah itu informasi yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa ikut terus dan baca artikel lainnya di ayobudidaya.com.

Admin Ayo Budidaya Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *