Analisa Budidaya Lele

Analisa Budidaya Lele 1000 Ekor Untung Besar

Ayobudidaya.com – Dalam sebuah analisa budidaya lele tentunya para peternak ikan maupun pembudidaya ingin mendapatkan keuntungan berlipat alias untung besar. Apalagi bisa menghasilkan keuntungan hingga 200%. Ini sudah barang tentu menjadi magnet tersendiri untuk bisa menjadi pelaku usaha budidaya ikan lele yang sukses.

Berikut ini adalah analisa usaha bisnis budidaya ternak lele dalam 1000 ekor yang dilakukan di rumahan. Budidaya ikan lele 1000 ekor bisa dilakukan di rumah baik menggunakan kolam terpal maupun kolam beton.

Analisa budidaya lele 1000 ekor ini menunjukan bahwa keuntungan bisnis lele masih menggiurkan dan masih digeluti banyak orang. Termasuk ternak ikan lele di rumahan. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis peternakan atau budidaya yang bisa dilakukan.

Sebagai usaha ternak lele rumahan agar mendapatkan keuntungan besar artinya ada beberapa tahapan yang harus dilakukan, coba kita cek penjelasan berikut ini tentang analisa budidaya lele dan seberapa besar keuntungan yang didapat dalam budidaya ikan lele di rumah yang dilakukan sendiri sebagai seorang pemula yang baru memulai usaha ternak ikan lele. Lantas berapa biaya operasional serta keuntungan ternak lele 1000 ekor? Simak ulasan berikut ini :

Baca Juga : Cara Beternak Ikan Lele di Kolam Terpal

Baca Juga : Cara Beternak Lele dan Prospek Bisnisnya

Analisa Budidaya Lele 1.000 Ekor

A. Alasan memilih ternak lele sebagai peluang usaha

Ada banyak alasan kenapa memilih budidaya ikan lele sebagai peluang usaha ternak lele rumahan yang bisa dilakukan pemula maupun pelaku budidaya ikan lele. Ini dia beberapa alasan budidaya ikan lele:

1. Ikan lele mudah diternakan

Ikan lele cenderung memiliki penanganan yang mudah. Ikan lele hidup pada kondisi air keruh sekalipun, selain itu untuk makanan juga bisa diberikan apapun.

2. Ikan lele banyak dikonsumsi

Saat ini banyak peminat ikan lele untuk dikonsumsi. Selain memiliki rasa yang khas, kandungan protein juga tinggi. Harga yang terjangkau juga menjadikan ikan lele banyak diburu penikmat ikan.

3. Menjamurnya usaha pecel lele

Dalam memenuhi tempat makan di setiap kota, para penjual pecel lele pun mulai bermunculan, apalagi di pusat-pusat kota yang masyarakatnya konsumtif, dengan mudah kita bisa mendapatkan pecel lele untuk bisa disantap.

Peluang usaha pecel lele yang menjamur ini juga seiring dengan peningkatan pelaku usaha budidaya lele, termasuk dalam tataran kecil usaha budidaya lele di rumahan dengan kapasitas 1000 ikan lele.

B. Perhitungan Keuntungan Ternak Lele

Biaya pembuatan kolam terpal ikan lele bisa dilihat sebagai berikut : 

A.1 Rincian Biaya Ternak Lele

  • Biaya pembuatan kolam terpal ikan lele kapasitas 1000 ekor : Rp 500.000
  • Harga benih lele @Rp 250 x 1.000 ekor = Rp 250.000
  • Harga pakan lele per kg Rp 9.500 x 60 kg = Rp 570.000
  • Jadi biaya ternak lele yang telah dikeluarkan sebesar Rp1.170.000

Dalam volume ternak lele 1000 ekor, pakan ikan lele yang dibutuhkan kurang lebih 500 gram pada bulan pertama, dan 1 Kg pada bulan seterusnya. Untuk menghemat pakan ternak lele kita bisa memberikan pakan alternatif lainnya, seperti dedaunan ataupun nasi sisa rumah tangga.

A.2 Keuntungan Bisnis Lele

Jadi, hasil panen dari 1.000 ekor, misalkan dari benih awal 100 % yang hidup hanya 80 % maka tersisa benih awal hingga panen sebanyak 800 ekor. Dan jika rata-rata per ekor lele memiliki berat 250 gram, maka 1 ekor ikan lele per 200 gram x 800 ekor berjumlah :

Hasil panen

  • ± 80% dari benih awal (800 ekor)
  • jika rata-rata 1 ekor lele = 200 gram, maka 800 ekor = 160 Kg
  • Harga jual lele 2018 Rp 20.000 (*Dijual sendiri tanpa ke tengkulak. Jika dijual ke Tengkulak harga akan berbeda jauh, bisa diangka 14-16 ribu per kg).
  • 160 Kg x Rp. 20.000 = Rp. 3.200.000

Perhitungan Keuntungan Ternak Lele sebagai berikut ;

3.200.000 – 1.170.000 = Rp 2.030.000

Keuntungan dalam satu siklus mencapai hampir Rp 2.030.000. Itu dalam 1000 ekor, ternak lele 1.000 ekor masih dalam skala kecil. Bagaimana jika benih mencapai 5.000 atau 10.000 ekor bahkan 20.000 ekor ikan lele? maka keuntungan yang anda peroleh akan semakin menjanjikan.

Selain itu keuntungan ternak lele di bulan pertama itu juga tercatat ada biaya pembuatan kolam terpal. Jika dibulan ke dua hingga ketiga tidak diperlukan, sampai dibulan berikutnya yang dibutuhkan perawatan, maka keuntungannya juga semakin besar.

Nah, itu dia analisa budidaya lele yang untungnya berlipat-lipat sangat menggiurkan. Usaha ternak ikan lele kapasitas 1.000 pun bisa dilakukan di rumah tanpa harus mempekerjakan karyawan, sehingga biaya karyawan masih bisa diminimalisir.

Kendati demikian dalam hal ini kita harus memiliki pembanding. Namun, berikut ini artikel terbaru yang saya tulis untuk bisa dipelajari. Ini adalah revisi dari artikel yang telah saya tulis ini, analisa usaha budidaya lele yang dirincikan lebih spesifikkan.

Baca :

Analisa Usaha Pembesaran Ikan Lele di Kolam Terpal

Selain itu, kita juga harus mempersiapkan dana tak terduga, karena harus mempersiapkan biaya kesehatan ternak ikan lele jika sewaktu-waktu diserang penyakit ikan lele.

Baca Juga : Usaha Ternak Lele Rumahan, Modal Kecil Untung Besar

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *