Alat Yang Digunakan Dalam Budidaya Pembenihan Ikan

Alat Yang Digunakan Dalam Budidaya Pembenihan Ikan

Alat Yang Digunakan Dalam Budidaya Pembenihan Ikan yang harus kita ketahui, baik pada alat yang kerap digunakan untuk proses ikan lele maupun ikan air tawar lainnya, seperti Gurame, Nila, Bawal, Patin, Ikan Mas, maupun budidaya ikan air laut. Namun pada umumnya, peralatan yang digunakan dalam proses pembenihan ikan adalah alat sortitr, hapa/waring, ember, serok, alat timbang dan pompa bila diperlukan.

Alat-alat tersebut biasanya dipakai untuk memanen ikan atau pada saat kegiatan samping pertumbuhan bobot tubuh ikan. Untuk grading dilakukan setiap 3 minggu – 1 bulan sekali ukuran 30-50 gram dan 1 bulan berikutnya ukuran ikan 75-100 gram. Namun memang yang kerap digunakan adalah sebagai alat yang digunakan dalam budidaya pembenihan ikan adalah sebagai berikut :

Peralatan pengadaan air bersih (pompa air, pompa celup)

Pemijahan ikan (seperti kakaban),

Pendederan benih ikan (seperti Blower),

Pemanenan benih ikan (seperi seser), dsb.

Alat Yang Digunakan Dalam Budidaya Pembenihan Ikan
Alat Yang Digunakan Dalam Budidaya Pembenihan Ikan

Selain peralatan lapangan tersebut, pada dasarnya praktik lapangan juga membutuhkan alat untuk monitoring kualitas air seperti, termometer, pH indikator (kertas lakmus), DO meter, watertest kit dan lainnya. Monitoring kesehatan ikan dan lingkungan sebaiknya dilakukan secara periodik minimal 2 minggu sekali atau bila terjadi perubahan kualitas air yang ekstrim.

Namun pada dasarnya dalam proses budidaya ikan masih ada banyak alat yang harus dilengkapi dan dipersiapkan, hal ini notabenenya juga untuk mempermudah proses budidaya. Dan pastinya dalam penggunaan alat ini akan berbeda-beda tergantung metode budidaya dari masing-masing cara yang digunakan dan jenis ikan yang dipakai.

Contoh, bisa baca selengkapnya pada atikel :

Budidaya Ikan Lele di Kolam Tanah? Ini Cara Jitunya

Lengkap! Budidaya Ikan Mas di Berbagai Kolam

Tips Sukses Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal

Cara Budidaya Ikan Bawal di Kolam Terpal dan Beton

Cara Budidaya Ikan Cupang, Mudah dan Murah

Cara Beternak Ikan Lele di Kolam Terpal

Tentunya masing-masing ikan dan metode atau cara budidaya yang digunakan akan berbeda-beda kebutuhan peralatannya.  Untuk itu kita perlu mempelajarinya lebih dalam. Untuk itu, agar informasi yang didapatkan lebih lengkap, silakan dibaca tautan artikel ayobudidaya.com lainnya yang sudah tercantum di atas. Terimakasih, semoga bermanfaat.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *