ciri ciri ikan lele jantan dan betina

7 Ciri Ciri Ikan Lele Jantan dan Betina

Ciri Ciri Ikan Lele Jantan dan Betina – Bagaimana cara membedakan ikan lele jantan dengan ikan lele betina? Mungkin hal tersebut yang menjadi pertanyaan kita kali ini. Apa sih yang membedakan lele jantan dengan lele betina? Dan bagaimana caranya? Apa saja ciri-ciri ikan lele jantan dan ikan lele betina.

Karena mengenali perbedaan antara ikan lele jantan dan betina adalah hal yang harus kita pelajari jika ingin melakukan budidaya bibit lele. Sebab, dalam budidaya pembibitan ikan lele adalah salah satu caranya nantinya memisahkan indukan antara pejantan dengan betina.

Begitu juga untuk para pembudidaya biasanya juga mencari ikan lele khusus jantan dan ikan lele khusus betina. Untuk itu, mengetahui ciri ciri ikan lele jantan dan betina harus bisa peternak lakukan. Selain itu juga hal ini untuk bisa mengkalkulasi untung rugi ternak ikan lele. Kenapa demikian? Sebab dalam pembibitan perhitungan antara jantan dan betina juga harus dihitung.

Ciri Ciri Ikan Lele Jantan dan Betina

Pada umumnya ciri-ciri antar keduanya tentu beda. Meski dari tampak wajah serupa. Untuk itu harus kita pelajari secara seksama ciri-ciri yang menjadi perbedaan antara lele jantan dan lele betina. Masing-masing ada 7 ciri-ciri yang bisa kita ketahui. Hal ini juga masih dalam tahapan mempelajari morfologi ikan lele.

Lihat gambar berikut ini :

ciri ciri ikan lele jantan dan betina
sharetipsdancara.blogspot.com

Baca penjelasannya berikut ini :

Ciri-Ciri Ikan Lele Jantan

  1. Lele jantan mempunyai bentuk kelamin yang cenderung memanjang atau menonjol ke arah belakang. Terletak pada bagian bawah anus. Jika sudah siap kawin di ujung alat kelamin berwarna kemerahan.
  2. Bentuk tubuh lele jantan cenderung lebih langsing dan panjang dibandingkan dengan bentuk tubuh lele betina. Tetapi ini tidak mutlak karena ada lele jantan yang perutnya bulat karena penuh makanan, ada juga yang ukurannya pendek.
  3. Lele jantan memiliki kepala yang lebih kecil dari ikan lele betina.
  4. Gerakan lele jantan cenderung lincah dari lele betina, karena dengan bentuk tubuh lele jantan lebih langsing dan panjang.
  5. Sifat lele jantan lebih agresif dari ikan lele betina. Jika ditempatkan di satu kolam berisi lele jantan dan betina dalam keadaan air masih terlalu bening biasanya lele jantan akan tarung, sampai salah satunya luka bahkan mati.
  6. Lele jantan memiliki warna kulit dada yang lebih gelap dibanding dengan lele betina.
  7. Bila diurut dari bagian perut ke arah ekor induk lele jantan akan mengeluarkan cairan putih kental.

Ciri Ciri Lele Betina

  1. Lele betina memiliki bentuk kelamin bulat  atau oval berwarna merah dan membengkak jika sudah siap kawin. Terletak pada bagian bawah anus.
  2. Lele betina memiliki bentuk tubuh yang melebar. Biasanya jika sudah siap kawin perut akan terlihat besar karena berisi telur-telur. Berbeda dengan lele jantan yang memiliki tubuh ramping./
  3. Lele betina cenderung memiliki bentuk kepala yang lebih besar jika dibandingkan dengan lele jantan.
  4. Gerakan lele betina tidak selincah lele jantan, karena bentuk tubuhnya yang lebih besar, tapi ini tidak mutlak, kadang lele betina lincah hampir menyerupai kelincahan pada ikan lele jantan.
  5. Sifat lele betina lebih pasif dari ikan lele jantan.
  6. Lele betina memiliki warna kulit dada yang lebih terang dibanding dengan lele jantan.
  7. Bila diurut dari bagian perut ke arah ekor induk lele betina akan mengeluarkan cairan kekuning kuningan, bahkan ada juga yang mengeluarkan telur berwarna hijau tua/kecokelatan.

Nah itu dia secara rinci, 7 ciri-ciri ikan lele jantan dan betina. Semoga bermanfaat, dan ikuti terus artikel ayobudidaya.com.

Baca :

Budidaya Ikan Lele di Kolam Tanah? Ini Cara Jitunya

Cara Beternak Ikan Lele di Kolam Terpal

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *